Merokok Sembarangan, 25 Orang Langsung Disidang

 
(Foto: Yudhi Maulana/Okezone)
 
Jurnal, Bogor - Berbekal payung hukum Peraturan Daerah nomor 12 tahun 2000 tentang kawasan tanpa rokok (KTR), puluhan petugas Satpol PP melakukan razia. Hasilnya pun tak sia-sia. Sebanyak 25 orang terjaring operasi yang dilakukan di lingkungan kantor Pemerintahan Kota Bogor dan sejumlah tempat lain.

Warga yang terkena razia sebagian besar adalah para penumpang angkutan umum dan karyawan kantor yang merokok di tempat yang dilarang sesuai Perda.

Kasi Penegakan Perda (Gakperda) Satpol PP Kota Bogor, Arman Sudjana mengatakan para perokok yang terjaring langsung disidang di tempat, dengan langsung menghadirkan jaksa dan hakim. "Para perokok membuat surat perjanjian dan membayar denda sesuai dengan ketentuan Perda," jelasnya kepada wartawan, Selasa (20/5/2014).

Ia menambahkan, dalam Perda, kawasan tanpa rokok ditetapkan di delapan tempat, di antaranya di perkantoran dan angkutan umum. Namun, sosialisasi Perda KTR masih belum menyentuh masyarakat luas. Hal itu terlihat dari beberapa warga yang mengeluh dengan penertiban ini.

Salah satunya diutarakan Tri Sidibyo, warga yang terjaring razia. Dia mengaku baru tinggal di Kota Bogor ia tidak tahu Perda KTR. "Seharusnya sosialisasinya jangan setengah-setengah. Saya saja masih belum tahu," pungkasnya. (okezone)
Tags: ,