Pertemuan Manado, Hasilkan Aksi Perlindungan Karang Dunia

Ilustrasi

Jurnal, Manado - Ibu Kota Sulawesi Utara, Manado, terpilih menjadi tuan rumah World Coral Reef Conference (WCRC). Dalam pertemuan skala internasional tersebut, dibahas sejumlah agenda berkaitan dengan perlindungan aset maritim tersebut.

Beberapa negara pun dalam konferensi ini setuju untuk membuat satu kerangka dan rencana aksi dalam pembentukan Coral Triangle Marine Protected Area System (CTMPAS). CTMPAS ditujukan sebagai upaya menciptakan suatu lingkungan maritim yang lebih baik dan dapat berguna bagi kesejahteraan warga sekitar daerah tempat terumbu karang berada, tanpa harus adanya perusakan terhadap terumbu karang tersebut.

Terbentuknya CTMPAS pun dipuji langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia Sjarief Widjaja. Menurut Sjarief sumber daya kelautan dapat mendongkrak kesejahteraan warga sekitar.

"Secara teknik, CTMPAS akan menyediakan keuntungan besar bagi komunitas sosial dan ekonomi melalui adanya perluasan kapasitas edukasi, alternatif hidup, budaya dan tentunya kehidupan yang lebih baik bila setiap komunitas berpartisipasi aktif dalam menjaga dan memelihara sumber daya maritim," sebut Sjarief, dalam rilis yang diterima Okezone, Selasa (13/5/2014).

Dijelaskannya, implementasi dari fungsi CTMPAS dapat berjalan secara penuh pada 2020. Namun, diharapkannya adaptasi dari CTMPAS bisa berjalan sesegera mungkin.(okezone)
Tags: ,