Presiden lantik Chairul Tanjung sebagai Menko Perekonomian

Chairul Tanjung dilantik sebagai Menko Perekonomian


Jurnal, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian baru menggantikan Hatta Rajasa yang telah mengundurkan diri.

Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Senin, dengan pengucapan sumpah secara agama Islam dibimbing Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat dalam jabatan ini, langsung ataupun tidak langsung, dengan nama atau dalih apapun, tidak memberikan atau menjanjikan, ataupun akan memberikan sesuatu kepada siapapun juga," sumpah Chairul Tanjung.

Ia melanjutkan,"Bahwa saya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini tiada sekali-kali menerima dari siapapun juga, langsung ataupun tidak langsung, sesuatu janji atau pemberian."

Ia bersumpah, setia kepada UUD 1945 dan akan memelihara segala undang-undang dan peraturan yang berlaku bagi negara Republik Indonesia.

"Bahwa saya akan setia kepada Nusa dan Bangsa dan akan memenuhi segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan ini. Bahwa saya akan menjalankan tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab kepada bangsa dan negara," katanya mengakhiri pengucapan sumpah tersebut.

Sementara itu, dalam pelantikan dihadiri oleh Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan para pejabat negara lainnya beserta para istri.

Pelantikan Chairul Tanjung didasarkan Keputusan Presiden No 41 P tahun 2014. Sesuai keputusan tersebut, Chairul Tanjung resmi menjabat Menteri Koordinator Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa.

Hatta Rajasa mengundurkan diri untuk menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2014. (antaranews)
Tags: ,