Singapura Cari Peluang Investasi di Sumsel

Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin

Jurnal, Palembang - Konsulat Jenderal (Konjen) dan perwakilan perusahaan asal Singapura bertemu serta menggelar rapat dengan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin di gedung Bank Sumsel Babel (BSB), Senin (19/5/2014). Kedua pihak membicarakan tentang potensi perdagangan dan investasi di Bumi Sriwijaya.

Alex Noerdin menjelaskan, Konjen Singapura di Medan dan delegasi International Enterprise Singapore (IES) melirik peluang menanamkan modal. Alex pun memperkenalkan peluang investasi di Tanjung Api Api (TAA) yang akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Mereka mewakili banyak perusahaan dari Singapura untuk bertemu dengan kita di Sumsel. Mereka menyatakan niat untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Sumsel, dan kita menunjukkan kemungkinan investasi di TAA,” ujar Alex di DPRD Sumsel.

Namun Alex mengatakan, pembicaraan tentang perdagangan dan investasi tersebut masih harus melewati beberapa tahapan lagi. Hanya saja, Alex memastikan penanaman modal asing di Sumsel meliputi berbagai bidang.

“Nilai investasinya belum terungkap, karena tahapan pembicaraan masih panjang. Yang pasti investasi mereka meliputi berbagai bidang. Karena setelah paparan tentang peluang investasi di Sumsel, ternyata mereka terkagum-kagum,” terangnya.

Untuk mendukung investor menanamkan modalnyadi TAA, Pemprov Sumsel tengah memburu Peraturan Presiden (Perpres) tentang KEK. Apalagi peluang investasi di kawasan seluas 12 ribu hektar itu meliputi sektor pelabuhan, industri maupun di sektor infrastruktur lainnya.

Namun langkah TAA menjadi KEK tinggal selangkah lagi. Menurut Alex, Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri telah menandatangani proposal KEK dan meneruskannya ke Ketua Dewan Nasional KEK yang dipegang oleh Menteri Koordiantor (Menko) Perekonomian Chairul Tanjung. 
 
“Menkeu sudah tanda tangan KEK tiga hari lalu dan sudah menyerahkannya ke Menko. Meski baru ada pergantian jabatan dari Hatta Radjasa ke Chairul Tanjung, tapi tidak akan menghambat prosesnya. Presiden sudah menunggu untuk tanda tangan,” terangnya. (sripo)
Tags: , ,