10.479 Murid SD di Kabupaten Ogan Ilir Dapat Bantuan Siswa Miskin

Ilustrasi

Jurnal, Indralaya - Sebanyak 10.479 murid Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di 16 Kecamatan dalam lingkungan Kabupaten Ogan Ilir (OI), memasuki tahun ajaran baru atau tepatnya tahun ajaran 2014 ini, menerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang langsung diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI melalui Kabid TK,SD Dinas Pendidikan (Disdik) OI.

Proses pencairannya sudah berlangsung satu minggu yang lalu melalui Bank BRI yang telah ditunjuk.

Menurut Kabid TK,SD Disdik OI melalui Kasi Teknis Wahyudi. M.Kom didampingi Iwan selaku verifikator, untuk tahun 2013 yang lalu pihaknya memverifikasi data siswa SD penerima dana BSM sebanyak 12.079 murid di Kabupaten OI. Data tersebut dikirim ke Dirjen Kementrian Pendidikan pusat. Ia menyatakan, dari data yang dikirim ke pusat tersebut yang realisasinya pada Juni 2014 yaitu sebanyak 10.479 siswa SD yang berhak menerima bantuan dana BSM.

"Kami tidak bisa berbuat banyak, dari data yang dikirim ternyata tidak semuanya memenuhi kriteria,” ujar Iwan, Rabu (18/6).

Sementara Wahyudi menyebutkan, untuk tahun lalu sistem pencairannya dibagi menjadi dua termin, ada yang cair di Bank Sumsel Babel dan sebagian ada yang pencairannya di kantor Pos. Namun untuk tahun ini pencairannya hanya satu termin melalui Bank BRI yang sudah ditunjuk.

"Sistem pencairannya langsung ke rekening siswa masing masing, saat pencairannya didampingi orang tua dengan membawa surat rekomendasi dari kepala sekolah masing-masing," jelas Wahyudi. (sripo)
Tags: ,