3 Bank Sentral Gelar Rapat Dewan Gubernur Pekan Ini

Bank Indonesia akan menggelar rapat dewan gubernur pekan ini. (Foto: Dok Okezone)

Jurnal, Jakarta - Pekan ini menjadi pekan yang penting bagi pelaku pasar. Sebab, ada sejumlah agenda bank sentral yang sangat mempengaruhi market.
Setelah pekan lalu, Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) rapat pada Kamis 5 Juni waktu setempat memutuskan suku bunga minus 0,1 persen dan data ketenagakerjaan Amerika yang positif, ada kebijakan bank sentral lainnya yang tidak kalah penting. Sentimen global ini akan dijadikan acuan keputusan investor asing.

Berikut agenda bank sentral di dunia selama sepekan ke depan, seperti dirangkum Okezone, Senin (9/6/2014).

1. Bank Indonesia (BI)
Bank sentral di Tanah Air akan menggelar rapat dewan gubernur (RDG) BI pada 12 Juni 2014. Posisi terakhir BI rate berdasarkan RDG BI pada Senin 5 Mei adalah 7,5 persen. Sekadar diketahui, data inflasi IHK (YoY) pada Mei 2014 adalah 7,32 persen.

2. Bank of Japan (BoJ)
Bank sentral Negeri Sakura ini akan menggelar rapat pada Jumat 13 Juni mendatang. Posisi terakhir BoJ Rate adalah 1 persen. Otoritas moneter Jepang mempertahankan posisi tersebut sejak 19 Desember 2008.

3. Reserve Bank of New Zealand
Bank sentral New Zealand akan menggelar rapat pada Kamis 12 mendatang. Bank sentral mematok posisi suku bunga acuannya pada posisi 3 persen sejak pertemuan terakhirnya pada 24 April lalu. Sejumlah riset menyebutkan bank sentral tersebut akan menaikan suku bunga secara berkala sebanyak 0,25 persen pada Juni, September, dan Desember.
(okzone)
Tags: ,