Dekranasda OKI Pamerkan Tenun Songket, Purun, dan Gerabah

Ketua Dekranasda Kabupaten OKI, Ny Lindasari Iskandar, saat meninjau stand Kabupaten OKI.

Jurnal, Kayuagung - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) ke-34 yang dipusatkan di Gedung Smesco UKM Jalan Gatot Subroto Jakarta, Dekranasda Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memamerkan hasil kerajinan unggulan masyarakat OKI, yakni purun, tenun songket dan gerabah.

Penyelenggaraan HUT Dekranasda yang ke-34 tersebut dimulai dari Rabu-Minggu (4-8/6/2014), dihadiri oleh seluruh Dekranasda se-Indonesia dan acara tersebut juga dibuka langsung oleh Ibu Negara, Ani Susilo Bambang Yudhoyono.

“Kabupaten OKI memiliki beragam produk unggulan dari setiap desa dan kecamatan. Misalnya, kerajinan purun, gerabah dan yang paling terkenal adalah tenun songket,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten OKI, Ny Lindasari Iskandar didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Herry Susanto SSos, Jumat (6/6/2014).

Lebih lanjut ia mengatakan, Kabupaten OKI merupakan salah satu penyuplai kain tenun songket di Palembang, Sumatera Selatan. Oleh karena itu, Palembang sesungguhnya tidak kalah jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Masih menurut istri orang nomor satu di Kabupaten OKI , HUT Dekranasda yang mengangkat tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Sebagai Basis Dalam Menyongsong Pasar Bebas Asean 2015” juga sejalan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan.

“Menyongsong pasar bebas ASEAN 2015, Dekranasda Kabupaten OKI telah mempersiapkan diri dengan mengintensifkan pelatihan bagi perajin agar mampu menciptakan karya bermutu tanpa meninggalkan ciri khas Kabupaten OKI,” katanya.

“Tentang hak cipta kerajinan tenun songket, purun dan gerabah, saya telah memberi tahu kepada para perajin untuk sering mempromosikan hasil karya dan mampu dengan baik menjelaskan apa perbedaan hasil karya yang asli," kataKepala Disperindagkop OKI, Herry Susanto SSos. (sripo)
Tags: ,