Kabar Baik Menjelang Ramadan, Puasa Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ramadan sebentar lagi datang, umat Islam akan menjalankan puasa selama sebulan sebagai sebuah perintah agama. Selama ini, masih banyak orang berpikir bahwa puasa bisa menyebabkan seseorang sakit, padahal tidak selamanya benar. Sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Southern California menemukan bahwa puasa dapat membantu tubuh memperbaiki sistem kekebalan tubuh, terutama bagi kekebalan yang rusak karena bertambahnya usia dan karena pengobatan kanker. Hasil penelitian ini dilansir oleh Dailymail.co.uk.

"Ketika seseorang lapar, sistem tubuh otomatis akan menghemat energi, dan salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk menghemat energi adalah mendaur ulang banyak sel-sel kekebalan tubuh yang tidak diperlukan, terutama yang rusak," Profesor Valter Longo, salah satu peneliti saat menjelaskan mekanisme puasa dalam tubuh.

Saat Anda puasa, tubuh akan melakukan regenerasi yang sangat cepat dan membangun kembali seluruh sistem di dalam tubuh.

"Jika terjadi kerusakan sistem yang sangat berat akibat kemoterapi atau penuaan, puasa dapat menghasilkan siklus, secara mudah adalah membentuk sistem kekebalan tubuh yang baru," lanjut Profesor Valter.

Jadi jangan takut puasa, karena puasa akan membuat Anda semakin sehat.
Tags: