Lulus SNMPTN Belum Menjadi Jaminan Bisa Kuliah

Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya di Ogan Ilir Sumsel.

Jurnal, Indralaya - Para mahasiswa yang lulus melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di Universitas Sriwijaya (Unsri) Indralaya, terus melakukan beberapa tahapan proses kelengkapan administrasinya, termasuk tes kesehatan yang harus ditempuhnya.

“Yang lulus SNMPTN sebanyak 2.143 calon mahasiswa (Cama), kemarin dilaksanakan tes kesehatan dan registrasi ulang ,’’ ujar Kepala BAAK Unsri di Inderalaya Drs H Cik Zen Anas Msi, Selasa (17/6).

Menurutnya pada tes kesehatan, ada beberapa item pemeriksaan oleh tim kesehatan Klinik Kesehatan Unsri, mulai dari pemeriksaan mata hingga pengambilan sampel urine.

’’Pengambilan sampel urine ini, untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terindikasi narkoba atau tidak,’’ ujar Cik Zen.

Apabila Cama tersebut terindikasi narkoba lanjutnya, maka sampelnya akan dikirim ke Jakarta, bila hasilnya positif, mahasiswa yang bersangkutan bisa digugurkan.

’’Tapi selama ini belum pernah ditemukan mahasiswa yang dinyatakan positif narkoba,’’ jelas Cik Zen.

Ia juga mengatakan, khususnya pada pemeriksaan mata, sebab ada fakultas yang mengkhususkan tidak boleh mahasiswa tersebut buta warna, seperti Fakultas Kedokteran dan Kimia.

’’Bila mahasiswa mengalami buta warna dan mengambil fakultas Kedokteran dan Kimia, bisa jadi digugurkan, atau diberikan kesempatan untuk mengambil jurusan atau fakultas lainnya yang tidak mengharuskan buta warna. Masalah ini tentu harus dikoordinasikan antara mahasiswa dengan Rektor untuk mengambil kebijakan,’’ jelasnya.

Cik Zen menambahkan, registrasi ulang itu penting, sebab bagi yang tidak registrasi ulang, akan dinyatakan gugur. “Pada tahun sebelumnya sekitar 18 hingga 20 persen Cama yang tidak melakukan registrasi ulang,’’ lkatanya.

Tahapan tes kesehatan yang dilakukan para Cama yang lulus SNMPTN melalui beberapa item, mulai dari fisik pemeriksaan secara umum, seperti paru-paru, THT, mata, buta warna, termasuk tes mengambilan sampel urine,’’Hasil pemeriksaan kesehatan dapat diselesaikan satu hari setiap mahasiswa dengan mendapatkan bukti keterangan sehat ,’’ungkap petugas Klinik Kesehatan Unsri yang tak ingin namanya ditulis. (sripo)
Tags: ,