OKI Raih Kota Kecil Terbersih, Pertahankan 7 Kali Adipura

Bupati OKI Iskandar SE menerima Piala Adipura dari Wakil Presiden RI Dr H Budiono di Sekretariat Wakil Presiden Jakarta.

Jurnal, Kayuagung - Untuk ketujuh kalinya Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil meraih piala Adipura untuk kategori kota kecil terbersih. Prestasi ini, menurut Bupati Iskandar SE adalah berkat kerja keras dan kesadaran tinggi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan serta komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) dalam meningkatkan kapasitas pengelolaan lingkungan hidup yang baik.

“Kami ucapkan terimakasih kepada segenap masyarakat Kabupaten OKI, khususnya masyarakat Kota Kayuagung dengan kesadaran tinggi menjaga kebersihan dan kelestarian kota,” kata Bupati OKI Iskandar, Jumat (6/6/2014).

Masih kata Iskandar, diterimahnya piala Adipura ini, tak lepas dari kerja keras para petugas kebersihan serta segenap aparatur DPRD, FKPD, SKPD hingga piala Adipura yang ketujuh kali ini mampu kita raih.

“Saya ucapkan selamat kepada masyarakat OKI,” ujar Iskandar usai menerima piala Adipura dari Wakil Presiden RI Dr H Budiono di Sekretariat Wakil Presiden, Jakarta, Kamis, (5/6/2014).

Adik kandung Calon Wakil Presiden HM Hatta Rajasa ini, memang bergeliat dan selalu dekat dengan masyarakat dan para pejabat ini, wajar jika apa yang diinginkannya selalu didukung penuh oleh rakyatnya. Untuk itu, dengan diraihnya Piala Adipura ke tujuh kali ini, memang kerja keras bupati dan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sendiri dan sekitarnya.

Kepala Badan Lingkungan hidup OKI, Nursula SSos mengatakan, salah satu kunci keberhasilan Kota Kayuagung dalam mempertahankan piala Adipura ke tujuh ini berkat tingginya partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan, terjaganya ruang terbuka hijau (RTH) dan tempat pemrosesan akhir (TPA) sepucuk yang sudah menerapkan sistem operasional sanitary landfill.

“Kita akui peran serta dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan kota semakin baik, kita berharap Adipura dapat terus dipertahankan agar kota ini semakin bersih dan semakin tertata,” tutur Nursula didampingi Kepala Badan Pasar dan Kebersihan, Tohiriyanto dan Kepala Dinas Tata Kota Kayuagung, Ir Ifna.

Ditambahkan, Tohirinyanto kebersihan adalah pangkal sehat dan sehat itu modalnya mahal dan wajar kalau masyarakat OKI sekarang ini, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Dengan bersih dirinya yakin pangkal sehat.

“Ini semua atas kesadaran masyarakat baik itu di rumah tangga maupun di jalan-jalan,” singkat Tohirin.

Demikian, setelah diterima, Piala Adipura ketujuh bagi Kota Kayuagung ini rencananya akan diarak keliling Kota Kayuagung. (sripo)
Tags: ,