Otak Kudeta Mesir Resmi Dilantik Jadi Presiden

Proses pelantikan Abdel-Fatah el-Sisi sebagai Presiden Mesir (Foto: Reu)

Jurnal, Kairo - Setelah melakukan kudeta, mantan Panglima Militer, Abdel-Fatah el-Sisi akhirnya resmi dilantik menjadi presiden pada 8 Juni 2014. Pelantikan ini dilangsungkan usai dirinya memenangkan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) Mesir.

Mengutip Guardian, Minggu (8/6/2014), Sisi akan menjabat sebagai Presiden Mesir sekira empat tahun.

Dalam pelantikan tersebut Sisi juga mengambil sumpah jabatan di hadapan Mahkamah Konstitusi Tertinggi Mesir. Sejumlah tamu negara turut hadir menyaksikan pelantikan tersebut dengan penjagaan yang turut diperketat oleh pasukan keamanan setempat di seluruh tempat-tempat utama di Mesir.

Sebelumnya, sejumlah negara barat prihatin dengan tindakan keras yang kerap muncul ketika adanya sebuah perbedaan pendapat. Situasi terjadi usai Mohamed Morsi digulingkan dari jabatannya sebagai presiden.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris, William Hague, meminta kepada Mesir untuk menjalankan amanat dari Kontitusinya. Amanat tersebut termasuk kebebasan berekspresi dan berpendapat. Namun Hague dikabarkan tidak menghadiri pelantikan tersebut tetapi dirinya diwakili oleh Wakil Duta Besar Inggri untuk Mesir, Steven Hackey.

Sisi akan menghadapi tantangan besar dan bertanggung jawab mengembalikan kestabilan politik serta menanggulangi kemiskinan yang terjadi di Mesir hingga saat ini. (okezone)
Tags: ,