Pilpres Mesir Resmi Dimenangkan Otak Kudeta

Abdel Fattah El Sisi (Foto:Reuters)

Jurnal, Kairo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mesir resmi mengumumkan eks Kepala Militer dan Menteri Pertahanan Abdel Fatah El Sisi sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres). KPU menyatakan dalam pilpres lalu, El Sisi meraih suara sebesar 96,91 persen.

Namun, kemenangan besar El Sisi tercoreng dengan rendahnya jumlah pemilih. Dari data resmi Mesir dari 54 juta pemegang hak suara hanya sekira 47 persen yang menggunakan hak pilihnya.

Dilansir dari Reuters, Rabu (4/6/2014) rendahnya jumlah pemilih ternyata tidak menjadi hambatan bagi Otoritas Mesir untuk segera mengumumkan Sisi sebagai pemenang resmi pilpres Mesir.

Walau belum mengeluarkan komentar resminya mengenai kemenangan yang berhasil dicetaknya dalam Pilpres Mesir, saat masa kampanye berlangsung mengatakan jika dirinya terpilih maka dia akan mengembalikan martabat Mesir. Hal tersebut akan diwujudkannya dengan memprioritaskan memperbaiki perekonomian Mesir.

El Sisi merupakan sosok yang kontroversial di Negeri Piramida ini. Selain menjadi otak dari kudeta atas Presiden Mesir sebelumnya Mohamed Morsi, sejumlah Badan HAM independen menuduh Sisi telah melakukan pelanggaran kemanusian.

Tuduhan tersebut terkait dengan banyaknya korban jatuh ketika Mesir ada dalam krisis politik dan keamanan pada 2013. Tidak hanya itu, ditemukannya bukti adanya penyiksaan atas tahanan di penjara Mesir semakin memperkuat tuduhan bahwa Sisi adalah pelanggar HAM berat. (okezone)
Tags: ,