Rute Penyeberangan TAA-P Jawa Dipastikan Tahun Depan

Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA)

Jurnal, Palembang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel merintis penyeberangan kapal dari Pelabuhan Tanjung Api Api (TAA) ke Pulau Jawa. Rencana ini sudah diusulkan Pemprov saat peresmian Pelabuhan Penyeberangan TAA-Tanjung Kalian Bangka akhir tahun 2013.

Demikian dikatakan Kepala Unit Pelaksana Tehnis Daerah Penyelenggaraan dan Pembinaan Angkutan laut, Sungai Danau dan Penyeberangan (PPALSDP), Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumsel, Mangasi Sinaga, Kamis (5/6/2014).

“Kita sudah usul penyeberangan baru. Antara Merak, Tanjung Priok atau pelabuhan di Cirebon. Tahun depan sudah bisa diketahui rute mana yang akan dilayani setelah melalui beberapa kajian di Kementerian Perhubungan,” kata Sinaga.

Ia mengungkapkan, rute TAA-P Jawa diinisasi oleh masyarakat pengguna jasa penyeberangan kapal baik itu pengendara maupun pengusaha. Rute baru itu akan mengakomodir masyarakat dari utara pulau Sumatera yang ingin ke pulau Jawa tanpa melewati kemacetan di Jalur Lintas Timur (Jalintim).

“Masyarakat lah yang diuntungkan bila rute ini dibuka. Mereka tidak perlu lagi menemui kemacetan hingga pengurangan biaya. Pemerintah pun bisa menghemat biaya perawatan Jalintim. Sopir sendiri mengaku ingin cepat-cepat rute ini dibuka dalam waktu dekat,” terangnya.

Menurut Sinaga, tiga pelabuhan yang dipinta Pemprov Sumsel memiliki plus dan minus. Dari kajian pihaknya, rute TAA-Merak akan lebih cepat namun harus menemui kepadatan lalu lintas di Jakarta. Sedangkan pelabuhan Priuk sudah cukup padat.

“Yang lebih baik memang pelabuhan di Cirebon. Karena kondisinya memang cukup sepi dan kendaraan yang turun dari kapal tidak harus melewati kepadatan jalan di Jakarta,” ucapnya. Pemprov Sumsel akan menyiapkan dermaga baru untuk melayani rute penyeberangan ke Pulau Jawa. “Bila sekarang hanya dermaga untuk penyeberangan ke Tanjung Kalian Bangka, tapi nanti ada satu lagi dermaga khusus yang melayani penyeberangan ke Pulau Jawa. Pembangunannya bisa tahun depan dimulai,” tukasnya. (sripo)
Tags: , ,