Wagub Buka Banyuasin Expo 2014



Jurnal, Banyuasin - Untuk pertama kalinya Kabupaten Banyuasin mengadakan Banyuasin Expo 2014, kegiatan yang akan berlangsung 10-13 Juni ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin melalui Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki, Selasa (10/06) di Lapangan Bola Munai Serumpun Kelurahan Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.

Banyausin Expo 2014 ini di isi dengan berbagai kegiatan seperti Gemar makan Ikan, Business Meeting Kabupaten/Kota perbatasan dengan Kabupaten Banyuasin, festival seni dan budaya, cepat tepat antar pelajar, lomba Menu 3B, festival Band antar pelajar, pelayanan gratis SKPD, lomba Fashion show, dan lomba mewarnai anak Paud.

Selain itu, kegiatan ini diikuti sekitar 74 peserta mulai dari perusahaan swasta, dan Instansi yang ada dilingkungan pemerintahan Kabupaten Banyuasin. Setiap peserta menampilkan berbagai produk barang dan jasa, serta dari instansi pemerintah juga ikut berpartisipasi dengan berbagai kegiatan seperti pelayanan kesehatan, dan pelayanan dokumen gratis.

Sementara, pada pembukaannya oleh H Iskah mekki ditandai dengan pemukulan bedug dan pelepasan balon ke udara dan selanjutnya dilakukan peninjauan stan Pameran oleh Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki bersama dengan Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian dan FKPD Banyuasin.

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki dalam sambutanya mengatakan, Kabupaten banyuasin menyimpan sejuta potensi yang menjadi hak untuk kemakmuran rakyat dengan pengelolaan yang harus dilakukan berkesinambungan dengan mewariskan karya-karya yang berpihak untuk kepentingan masa depan masyarakat banyuasin secara keseluruhan. Banyuasin Expo 2014 ini merupakan pameran pencapaian Pembangunan Industri Pariwisata, Investasi dan perdagangan yang ditujukan sebagai sebuah pesta rakyat.

Selain pameran pembangunan daerah, Banyuasin Expo 2014 diharapkan menjadi kegiatan yang cukup berkesan bagi seluruh masyarakat dengan penampilan berbagai pentas seni dan budaya dan juga hadirnya berbagai pelayanan gratis yang disuguhkan langsung oleh pemerintah kabupaten banyuasin. Dengan harapan, kegiatan ini dapat menjadi salah satu ikon kegiatan yang didatangi oleh seluruh lapisan masyarakat dan tentunya menjadi salah satu agenda tahunan pariwisata kabupaten Banyuasin.

Lanjut H Ishak Mekki, Saat ini sudah merupakan tuntunan zaman bahwa pembangunan harus mengarah pada konsep pembangunan berkelanjutan. Artinya, pembangunan ini menitikberatkan pada tiga pilar kebijakan yaitu pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan perlindungan lingkungan. Pembangunan berkelanjutan juga berarti bahwa pembangunan itu harus berperan penting dalam melestarikan keanekaragaman hayati serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Oleh sebab itu, Pembangunan yang diprogramkan pemerintah , khususnya pemerintah kabupaten Banyuasin, haruslah mampu menjadi sarana bagi upaya memakmurkan kehidupan masyarakat luas. Banyuasin Expo ini juga merupakan saran untuk mempromosikan program dan hasil pembangunan serta peluang investasi," Terangnya.

Sementara Bupati Banyausin Yan Anton Ferdian dalam sambutanya mengatakan, Kegiatan ini ditujukan untuk menampilkan potensi ekonomi dan investasi melalui Banyuasin Expo 2014 yang digelar dalam rangka hari jadi yang ke-12 tahun 2014 ini. Menurutnya, Pesta rakyat tahunan ini diharapkan menjadi moment yang cukup berkesan bagi seluruh masyarakat kabupaten Banyuasin.

"Selain pertunjukan dengan penampilan berbagai aktifitas seni dan budaya, disuguhkan pula berbagai kegiatan yang melibatkan segenap komponen masyarakat dan pada malam puncaknya nanti juga akan ada panggung hiburan rakyat dengan menampilkan artis ibu kota serta akan ada berbagai kuis dengan hadiah menarik selama pameran, dan stan terbaik. (Humas Pemprov)
Tags: , ,