Dana PKH Tahap Kedua Untuk Kabupaten Ogan Ilir Cair



Jurnal, Indralaya - Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan program Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk tahap ke dua tahun 2014 di Kabupaten Ogan Ilir (OI), mulai dicairkan pada 10 September esok. Realisasi pencairannya secara simbolis akan diserahkan langsung oleh Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten OI Hj Fauziah Mawardi.

Kepala Dinas Sosial Pemkab OI Eriyadi SH MM, Selasa (9/9) di ruang kerjanya mengatakan, pencairan dana PKH tahap kedua ini dananya sebesar Rp 2 Milyar lebih untuk 4.165 sasaran Keluarga Sangat Miskin (KSM). Pencairannya dari tanggal 10-23 September nanti melalui kantor Pos.

Untuk Kecamatan Indralaya pencairannya tanggal 10 September di kantor pos Indralaya. Sedangkan, pada 11 September akan dicairkan untuk kecamatan Indralaya Selatan dan kecamatan Tanjung Batu di kantor pos masing-masing.

Kabid Sosial, Muhammad Basid menambahkan, pada pencairan tahap pertama menyentuh 4.177 KSM sementara pada pencairan tahap kedua ini menyentuh 4.165 sasaran KSM, dengan demikian terjadi penurunan KSM yang ada di Kabupaten OI yang menerima dana PKH. Lanjutnya, penurunan ini dikarenan ada yang menjadi PNS dan ada juga yang pindah jiwa. Ia menyatakan, dana bantuan tetap yang dicairkan pada tahap kedua ini seharusnya setiap sasaran menerima bantuan tetap senilai Rp 300 ribu setiap KSM namun, karena terjadi penghematan dana dari Kemensos RI menjadi Rp 240 ribu per KSM-nya.

Ditambahkan Eriyadi pada pencairan tahap kedua tahun 2014 ini masih menyentuh 12 Kecamatan, sementara 4 kecamatan lainnya . Kandis, Rantau Alai, Rambang Kuang dan Kecamatan Indralaya Utara belum terealisasi, mungkin akan terealisasi pada akhir desember 2014 nanti.

"Insyallah akhir 2014 nanti dana PKH akan dinikmati KSM di-16 kecamatan yang ada di Kabupaten OI," pungkas Eriyadi. (sripo)
Tags: ,