Dandim OKI Pantau Kebakaran Lewat Udara dan Darat

Dandim 0402 OKI Letkol Inf M Arif Suryandaru bersama PT Bumi Andalas Permai diwakili oleh Sapto Nurlistio memantau lahan kebakaran melalui jalur udara.

Jurnal, Kayuagung - Kodim 0402/OKI Letkol Inf M Arif Suryandaru selain memantau kebakaran di jalur darat juga melakukan pemantauan melalui udara dengan menaiki fasilitas helikopter milik perusahaan PT Bumi Andalas Permai, Selasa (23/9/2014) bersama Sapto Nurlistio dari perusahaan.

Helikopter tadi, selain berkeliling di wilayah OKI juga menyisir di wilayah Ogan Ilir, kemudian pasukan prajurit TNI akan disiagakan di pos-pos yang dianggap rawan kebakaran..

Menurut Letkol Arif, selain di wilayah OKI, pasukan TNI AD juga ditempatkan di wilayah rawan kebakaran seperti di wilayah Ogan Ilir yang meliputi, Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara dan Desa Muara Baru Kecamatan Pemulutan Barat.

“Kita tidak sekedar eksen saja, seluruh prajurit disiagakan 2 x 24 jam berjaga di lokasi lahan. Selain berjaga, dipantau juga melalui udara dengan menggunakan helikopter yang difasilitasi oleh PT Bumi Andalas Permai yang diwakili oleh Sapto Nurlistio,” tutur Letkol Arif seraya berucap waktu operasi satu bulan dan dapat diperpanjang sesuai perkembangan situasi di lapangan. "Korem 044/Gapo telah memberikan tenaga BKO dari Yonif 141/AYJP sebanyak 1 SSK untuk membantu anggota Kodim 0402/OKI dalam penangulangan bencana asap," tuturnya.

Kebakaran lahan dan hutan yang terjadi ini sangat menyebabkan kabut asap sehingga berdampak terhadap kesehatan dan aktifitas masyarakat umum baik di Kabupaten OKI dan OI juga berdampak terhadap kota Palembang yang mana pada tanggal 23 - 27 September 2014 menjadi tuan rumah MTQ Internasional serta berpengaruh terhadap transportasi baik darat, laut maupun udara. (sripo)
Tags: ,