Italia Pecahkan Rekor 77 Tahun!

Ekspresi Simone Zaza, setelah mencetak gol pertama Italia (Foto: @Vivo_Azzurro)

Jurnal, Oslo - 27 Mei 1937, adalah hari terakhir kalinya Italia mengalahkan Norwegia di Ulevaal Stadion, Oslo dengan skor 3-1. Kali ini di era baru bersama Antonio Conte, Gli Azzuri dengan meyakinkan mengalahkan Norwegia dengan skor 2-0.

Mengusung formasi 3-5-2, Italia mencetak gol melalui bomber Sassuolo yang juga menjadi gol pertamanya, Simone Zaza di menit 16 dan juga Leonardo Bonucci di menit 61. Kemenangan ini menambah rekor kemenangan Italia menjadi dua buah, dengan dua buah hasil imbang dan dua kekalahan.

Jalannya Pertandingan

Antonio Conte hanya melakukan dua pergantian di timnya, yakni Alessandro Florenzi yang menggantikan Claudio Marchisio, dan juga Gianluigi Buffon yang turun menggantikan Salvatore Sirigu.

Eks pelatih Juventus itu juga tetap menerapkan paten formasi 3-5-2 dengan mengandalkan Leonardo Bonucci, Andrea Ranocchia, dan Davide Astori di barisan bertahan. Sementara pelatih Norwegia, Per Mathias Hogmo mengandalkan Joshua King dan Havard Nielsen untuk menggedor pertahanan Gli Azzuri.

15 menit berjalan, Norwegia memberikan perlawanan sengit kepada Italia. Mereka pun tampil beda ketimbang melawan Inggris di laga persahabatan sebelumnya, negara Skandinavia itu berani bermain lebih menyerang dan menekan pertahanan Italia.

Namun La Nazionale Italia lebih sabar dalam membangun serangan, tanpa sang metronom, Andrea Pirlo. Terbukti, semenit berselang Simone Zaza membukukan gol pertamanya untuk Timnas.

Penyerang Sassuolo ini meneruskan bola dari rekannya dengan sepakan kencang yang sempat terdefleksi bek Norwegia, Havard Nordtveit. Orjan Nyland pun tak dapat menepisnya, 1-0 Italia unggul.

Gol tersebut meningkatkan tempo pertandingan. Norwegia semakin gencar menekan pertahanan Italia hingga memasuki menit 27. Namun serangan yang dibangun Joshua King dkk belum terbangun dengan rapih dan cenderung terburu-buru.

Emanuele Giaccherini! Hampir saja pemain Sunderland ini menambah keunggulan Italia di menit 31. Tendangan kerasnya masih dapat ditepis Nyland. Meski bola rebound mengarah ke kaki Ciro Immobile, namun bola tersebut tak dapat dikontrolnya dengan baik, dan hanya kembali ke pelukan Nyland.

Hingga akhir babak pertama, Norwegia tak mampu menyamakan kedudukan di Ulevaal Stadion. Alhasil skor 1-0 bertahan untuk Italia berkat gol yang diciptakan oleh Zaza.

Pada babak kedua, Hogmo mengganti Nielsen yang tampil kurang baik di babak pertama dan menggantikannya dengan Tarik Elyounoussi. Namun menit menunjukkan angka 60, kedudukan belum berubah untuk keunggulan 1-0 Italia.

Bonucci! Tak terkawal, bek Juventus itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang Nyland melalui sundulan kepalanya di menit 61. Manuel Pasqual yang baru masuk menggantikan Matteo Darmian langsung menujukkan kualitasnya dalam memberikan crossing akurat, dan memberi assist dari sisi kiri pertahanan Norwegia. 2-0 Italia menjauh.

Dalam kurun waktu empat menit dari menit 77-81, Zaza konstan mengancam pertahanan Norwegia. Di menit 77, tendangan Zaza hanya membentur mistar gawang, dan di menit 81, ia berhasil men-chip bola melewati Nyland.

Namun Vegard Forren secara heroik menyapu bola yang datang sebelum melewati garis gawang. Hingga akhir laga, papan skor tak berubah dan Italia mememenangkan pertandingan dengan skor 2-0.

Susunan Pemain:

Norwegia: Orjan Nyland, Vegard Forren, Havard Nordtveit, Omar Elabdellaoui, Per Egil Flo, Stefan Johansen, Ruben Jenssen (Alexander Tettey 70’), Per Skjelbred (Morten Gamst Pedersen 75’), Mats Daehli, Joshua King, Havard Nielsen (Tarik Elyounoussi 50’)

Italia: Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Andrea Ranocchia, Davide Astori, Daniele De Rossi, Alessandro Florenzi (Andrea Poli 86’), Emanuele Giaccherini, Matteo Darmian (Manuel Pasqual 60’), Mattia de Sciglio, Ciro Immobile, Simone Zaza (Mattia Destro 83’)
(okezone)
Tags: ,