MTQ Internasional di Palembang Resmi Dibuka

Wapres RI Budiono didampingi Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefuddin Asisten II Pemprov Ahmad Najib menyiramkan air memakai kendi tanda dibukanya MTQ Internasional di gedung PSCC, Selasa (23/9) Tadi malam

Jurnal, Palembang - Sebanyak 83 peserta dari 40 negara peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Internasional 2014 Palembang Sumatera Selatan Indonesia, secara resmi mengikuti gelaran acara pembukaan di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Selasa (23/9) pukul 20.00.

Acara pembukaan even internasional ini, dibuka dan diresmikan Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof Dr H Boediono dengan ditandai penyiraman tanaman menggunkan kendi air yang menggambarkan simbol kehidupan.

Selain Wakil Presiden RI, dalam acara pembukaan ini juga ikut dihadiri Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaefuddin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI), Marzuki Alie serta tidak ketinggalan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan termasuk duta-duta besar dari negara perwakilan peserta.

Dari pantauan Sripo, acara pembukan MTQ Internasional ini berlangsung sangat meriah. Terutama pada awal pembukaan, dimulai dengan tarian-tarian khas daerah Sumsel yang dilakukan oleh puluhan penari berbalut baju khas nuansa daerah namun tampak islami. Tidak ketinggalan, untuk menciptakan suasana yang lebih meriah,. Tampak pula beberapa artis nasional maupun internasional seperti penyanyi islami kondang Maher Zain yang membawakan lagu Insya Allah dengan ciri khasnya menggunakan topi kupluk berduet dengan Fadli Padi.

Dalam acara sambutan pembukaan, H Alex Noerdin selaku tuan rumah penyelenggara menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya MTQ Internasional ini di Palembang. Alex berharap agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan aman.

"Dengan diselenggarakanny even MTQ internasional ini, mudah-mudahan dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah dan tali silaturahmi antar umat Isalam di dunia. Dan tidak lupa, semoga even ini juga dapat menciptakan pemuda-pemuda yang memilik intelektual tinggi," jelasnya saat menyampaikan sambutannya.

MTQ Internasional ini akan berlangsung selama lima hari tepatnya dimulai dari tanggal 23 September 2014 sampai 27 Sepetember 2014 mendatang. Selain even MTQ ini, pihak penyelenggara juga mengadakan Palembang Ekspo yang terdapat kurang lebih 91 stan yang diisi dari berbagai stan seperti BUMN, Swasta dan stan-stan seluruh provinsi se-Indonesia.

"Terdapat 83 peserta dari 40 negara perwakilan seperti dari negara Amerika Serikat, Cina, Inggris, Palestina, Arab Sudi dan masih banyak lainnya. Ada dua cabang yang akan dilombakan dalam even kali ini yakni cabang Tilawah dan Tahfiz Quran. Sementara untuk juri ada 17 juri baik nasional maupun internasional dan enam diantanya merupakan juri internasional sedangkan sisanya juri nasional," bebernya.

Sementara itu, Menteri Agama RI, Lukman Hakim dalam sambutannya mengharapkan MTQ ini dapat terus diselenggrakan secara kontinyu agar Alquran selaku pedoman hidup umat muslim selalu tetap terjaga keasliannya melalui para hafiz dunia.

"Dengan diadakannya acara rutin seperti MTQ ini, mudah-mudahan Alquran tidak akan hilang dimakan zaman. Spirit Alquaran harus selalu merekat terutama untuk hubungan iternasional. Kita juga patut berbangga dengan diadakan even ini, karena Alquran dapat selalu terjaga dan juga dapat memberi dampak positif tertutama untuk Indonesia agar dapat menjalin kerja sama dengan negara lain," ungkapnya.

Wakil Presiden RI, Boediono pada kesempatan kali ini yang ikut hadir bersama istrinya Hera Boediono berharap dengan diadakannya acara MTQ ini dapat menyiarkan nilai-nilai luhur karena Alquran adalah kebutuhan hidup dan akan selalu menjadi pedoman hingga akhir waktu.

"Saya berharapan dengan diselenggarakannya MTQ Internasional di Palembang ini, mudah-mudahan dapan menciptakan kedamaian dengan kerukunan antar sesama manusia di dunia dan tidak ada lagi perpecahan terutama antar umat Islam," tuturnya seraya membuka acara secara simbolis yang didampingi Mentri Agama dan Gubernur Sumsel. (sripo)
Tags: , ,