Pesawat MH17 Meledak di Udara

Penyelidikan awal Malaysia Airlines MH17 dirilis (Foto: Reuters)

Jurnal, Den Haag - Penyelidik kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17 menyatakan pesawat itu meledak di udara. Hal tersebut dapat ditentukan dari luasnya wilayah puing-puing yang ditemukan.

"Faktanya banyak puing-puing pesawat yang tersebar di wilayah yang luas, mengindikasikan bahwa pesawat meledak di udara," ujar Badan Keamanan Belanda, seperti dikutip ITV, Selasa (9/9/2014).

Selain itu, laporan awal yang dikeluarkan oleh pihak penyelidikan menemukan pesawat dihantam oleh "benda yang memiliki energi besar". Benda itu dianggap memicu pesawat hancur lebur di udara.

Hingga saat ini, pihak penyelidikan tidak menemukan adanya indikasi kerusakan teknis atau operasional dari pesawat dan dari awaknya.

Ahli dari Belanda mempublikasikan laporan pertama mengenai penyebab jatuhnya Malaysia Airlines MH17 di Ukraina. Dewan Keselamatan Belanda memimpin penyelidikan internasional dan mencoba mengumpulkan bukti tentang apa yang terjadi.

Dari 298 penumpang yang tewas dalam insiden ini, sebagian besar berasal dari Belanda. Menurut kabar, pesawat tersebut ditembak oleh separatis pro-Rusia, namun belum ada pihak yang bersedia bertanggungjawab atas kejadian itu.

Tetapi proses pencarian bukti mengenai tembakan yang menjatuhkan pesawat itu, terhambat oleh pertempuran antara pasukan Pemerintah Ukraina dengan kelompok separatis pro-Rusia di wilayah Donetsk.

Para penyelidik Belanda mengandalkan informasi dari perekam data penerbangan (Kotak hitam), percakapan pengawas lalu lintas udara, satelit dan foto dari tempat kejadian. (okezone)
Tags: ,