Selama Kemarau, Warga Indralaya Manfaatkan Program Pamsimas

Firdaus, Kabid Air Bersih Dinas PU CK Pemkab OI

Jurnal, Indralaya - Warga yang bermukim di Desa Sukamulya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI), memanfaatkan program Penyediaan Air Minum Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dari bantuan pemerintah pusat melalui Dinas PU Cipta Karya Kabupaten OI.

Dengan adanya program Pamsimas yang sejak 3 tahun lalu disediakan oleh pemerintah, ratusan warga yang bermukim di Desa Sukamulya itu menjadi terbantu.

Mereka tak perlu lagi menggunakan gerobak untuk menuju sumber air di lebak rawa Desa Sukamulya yang saat ini telah mengalami kering karena musim kemarau sejak beberapa bulan terakhir.

"Alhamdulillah, sudah ada sambungan air bersih di setiap rumah-rumah penduduk di Desa Sukamulya Indralaya melalui program Pamsimas. Selama ini kami selalu kesulitan mengambil air bersih di lebak rawa menggunakan gerobak yang memakan jarak tempuh lebih kurang 1 kilometer dari rumah menuju ke sumber air," ujar Tahir, warga sekitar, Jumat (19/9/2014) kepada Sripoku.com.

Firdaus selaku Kabid Air Bersih Dinas PU CK Kabupaten OI mengatakan, sebelumnya pengelolaan air bersih dari program Pamsimas telah tersedia di Kabupaten OI sejak 6 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2008.

Pamsimas diperuntukkan bagi desa-desa yang kesulitan air bersih seperti di wilayah Indralaya Utara termasuk juga Desa Sukamulya, Lorok maupun Payakabung. Menurut Firdaus, program Pamsimas itu sendiri di luar layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

"Alhamdulilah dengan telah tersedianya saluran air bersih ke setiap rumah-rumah penduduk melalui Program pengelolaan air bersih Pamsimas, warga pun menjadi terbantukan," ujar Firdaus di ruang kerjanya.

Dikatakannya, sebelumnya di Desa Sukamulya tersedia satu titik Pamsimas. Lantaran operasionalnya berhasil, maka ditambah lagi menjadi dua titik Pamsimas.

"Diharapkan desa-desa program Pamsimas lainnya, agar dapat mencontoh keberhasilan desa Sukamulya dalam pengelolaan air bersih Pamsimas," pungkasnya. (sripo)
Tags: ,