218 Ribu Lebih Masyarakat OKI Belum Miliki E-KTP

Ilustrasi

Jurnal, Kayuagung - Dari 565.402 penduduk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang sudah wajib memiliki KTP, baru 347.380 orang atau sekitar 61 persen yang melakukan rekaman E-KTP. Sisanya 218.022 orang atau 49 persen belum memiliki E-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) H Antonius Leonardo melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Abu Naim, kepada wartawan mengatakan, semantara wajib E-KTP yang harus dikantongi masyarakat di OKI lebih dari 500 ribu jiwa. Namun, sampai sekarang, penduduk OKI masih banyak yang belum memiliki KTP Elekronik, program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

“Hingga kini masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP mencapai 218.022 orang atau sekitar 49 persen dari 500 ribu lebih masyarakat OKI yang wajib perekaman E-KTP. Maka dari itu, Disdukcapil menghimbau kepada masyarakat yang belum melaksanakan perekaman E-KTP agar segera melakukan perekaman di setiap kecamatan masing – masing,” himbau Abu Naim.

Masih katanya, untuk masyarakat yang telah melakukan perekaman, tetapi belum menerima E-KTP diharapkan untuk bersabar menunggu proses jadinya E-KTP. KTP yang sudah jadi dan dikirim dari pusat ke kabupaten, dipastikan akan di distribusikan ke kantor kecamatan masing-masing.

“Seharusnya, sesuai dengan instruksi pemerintah pusat sebelumnya, bahwa untuk KTP manual tidak lagi berlaku mulai tercatat tanggal 1 Januari 2014 yang lalu. Namun, berdasarkan Perpres Nomor 112 tahun 2014 tentang perpanjangan masa berlaku KTP Konvensional, maka masa berlaku KTP manual di OKI juga diperpanjang hingga tanggal 31 Desember 2014 mendatang,” jelas Abu.

Kendala di lapangan ini, menurut Abu, masih ditemukannya NIK yang berbeda untuk masyarakat. “Maka dari itu kami harapkan kepada masyarakat untuk mencocokkan NIK yang ada di KTP dan di Kartu keluarga (KK), apabila ditemukan ada perbedaan agar segera melapor ke Disdukcapil untuk segera diperbaiki,” tuturnya.

Untuk itu, pemerintah berharap kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP agar segera melakukan perekaman agar proses perekaman E-KTP di OKI selesai sebelum memasuki tahun 2015. Sedangkan untuk pencetakan E-KTP kemungkinan di bulan November ini akan dilakukan di kabupaten dan tidak lagi dari pusat, untuk mengantisipasi agar tidak ada lagi keterlambatan bagi masyarakat yang menunggu jadinya E-KTP meraka. (sripo)
Tags: ,