InI Rencana Usulan Alex ke Jokowi

Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin

Jurnal, Palembang - H. Alex Noerdin berencana akan mengusulkan aturan kepada Presiden RI yang baru, Joko Widodo atau Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) mengenai kewenangan Gubernur.

Menurut Alex, pemerintah pusat harus memberikan kewenangan lebih kepada Gubernur dalam berbagai hal di bidang pembangunan untuk memangkas birokrasi panjang.

“Sebenarnya kendala pembangunan terkadan ada di pusat, bukan di daerah. Makanya, hal-hal yang bisa diselesaikan di daerah tak perlu lagi menunggu pusat. Akan saya usulkan untuk diubah segera," kata Alex, Senin (20/10/2014).

Kepada wartawan usai pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) OKI dan Empat Lawang di Graha Bina Praja kemarin, Alex meyakini tambahan kewenangan Gubernur akan mempercepat proses pembangunan di suatu daerah.

“Itu bisa jadi dukungan pusat kepada daerah agar target yang ingin dicapai dapat segera terwujud," ucap Alex yang juga hadir saat pelantikkan Jokowi dan Jusuf Kalla di Gedung DPR/ MPR Jakarta sebelum mengangkat dua Sekda di Sumsel.

Pemerintah telah mengganti Undang Undang (UU) nomor 32 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan yang baru menjadi nomor 23 tahun 2014. Dalam aturan tersebut belum mengatur detil kewenangan Gubernur menyangkut perizinan dan pembangunan. (sripo)
Tags: , ,