Mutasi Tiga Kapolres di Lingkungan Polda Sumsel

Kapolda Sumsel Irjen Pol Saud Usman Nasution saat menyematkan tanda jabatan baru kepada Pamen yang menjalani mutasi di Polda Sumsel, RFabu (8/10).


Jurnal, Palembang - Tiga kapolres, yang mengepalai polres di kawasan rawan, terkena mutasi. Ketiganya yang masing-masing berada di Musi Banyuasin (Muba), Musi Rawas (Mura), dan Banyuasin, dinilai sudah senior untuk memimpin keamanan di kawasan rawan.

"Tiga kapolres yang berada di daerah rawan memang diganti untuk penyegaran. Ini dilakukan karena ketiga Kapolres ini sudah terbilang senior dan perlu ada pemantapan kinerja agar mereka bisa meningkatkan karir," jelas Kapolda Sumsel, Irjen Pol Saud Nasution, yang dijumpai di sela-sela acara sertijab di Mapolda Sumsel Rabu (8/10/2014).

Kapolres Banyuasin yang baru kini dijabat oleh AKBP Yuliansyah, yang sebelumnya bertugas di Kabag Ops Ditpolair Polda Sumsel. Sedangkan Kapolres Banyuasin sebelumnya, AKBP Ikhsan, dimutasi menjadi Kapolres Muba. Untuk jabatan Kapolres Mura, kini ditempati oleh AKBP Nurhadi, yang sebelumnya menempati jabatan Kasubdit II Ditreskrimum Polda Sumsel.

Posisi Wakapolresta Palembang juga terjadi mutasi. Kini, AKBP Iskandar yang sebelumnya menjabat Kapolres Muba menduduki janbatan tersebut. Sedangkan, Wakapolresta Palembang yang lama, AKBP Agus Fatulloh, dimutasi ke bagian Korlantas Mabes Polri di bagian Kominfo.

Selain mutasi Kapolres, beberapa pejabat utama di Polda Sumsel juga terkena mutasi. Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sumsel yang semula dijabat Kombes Pol Fiandar digantikan Kombes Pol Iskandar MZ. Begitu pula dengan Kepala Biro Sarana dan Prasarana Polda Sumsel yang semula dijabat Kombes Pol Suharyo Hadi Darma digantikan Kombes Pol Sugaryanto.

Dari mutasi ini, Saud berharap kepada tiga Kapolres yang baru dilantik untuk dapat menyesuaikan di tempat kerja yang baru. Terlebih apa yang telah dilakukan kapolres lama dengan pendekatan kepada masyarakat dari program-program kerja yang telah dilakukan dan dianggap berhasil.

"Kasus curat, curas, curanmor masih mendominasi di wilayah Sumsel, sehingga dilaksanakan Operasi Aman Musi. Selain itu, harus dikedepankan kearifan lokal yang baik, jangan kearifan lokal yang salah seperti membawa sajam dan senpi rakitan yang saat ini masih banyak," pungkasnya. (sripo)
Tags: , ,