Pelantikan Jokowi Lancar, Semua Pihak Bersikap Negarawan







Jurnal, Jakarta - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dari unsur DPD, Jeffrie Geovanie, menilai pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden pagi tadi adalah "moment of truth". Tidak nampak suasana permusuhan dan tak ada situasi berhadap-hadapan dalam Sidang Paripurna MPR.

"Bahkan tidak ada kebencian tersisa di jam-jam bersejarah itu," jelas Jeffrie dalam keterangannya, Senin (20/10/2014).

Terlebih, lanjut dia, pasangan pesaing Jokowi-Jusuf Kalla pada Pilpres kemarin yakni Prabowo Subiato dan Hatta Rajasa hadir dan mendapat standing applause dari anggota majelis. Begitu juga dengan SBY-Boediono.

"Semua saling memberikan penghargaan, menempatkan posisi dan porsi masing-masing dengan begitu sempurna dalam harmoni," ujarnya.

Padahal, kata dia, belakangan masih banyak pemberitaan yang mengatakan SBY menyandera demokrasi, parlemen dikuasai Koalisi Merah Putih, eksekutif akan dijegal parlemen, demokrasi Indonesia kembali ke Orde Baru, dan banyak nada pesimis lainnya.

"Terkuburlah semua kenyinyiran yang selalu diembuskan. Kita di hadapan tamu-tamu asing dari negara sahabat, menunjukkan sebuah politik demokrasi yang bernilai sangat tinggi. Kita bahkan bisa berkata, belajarlah demokrasi dari Indonesia," tegas Jeffrie. (okezone)
Tags: ,