Sekda Sumsel Buka Peningkatan Kapasitas Anggota Legislatif Provinsi dan Kab/Kota Se-Sumsel



Jurnal, Palembang - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Mukti Sulaiman membuka secara resmi acara peningkatan kapasitas anggota legislatif dan kabupaten/kota se-Sumatera Selatan tahun 2014 di Ballroom Hotel Aston Palemban Selasa (21/10).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Mukti Sulaiman mengatakan bahwa dirinya menyambut gembira serta mendukung gagasan penyelenggaraan Forum pertemuan tersebut. “Forum ini merupakan wadah bagi kita semua untuk berdiskusi bersama memberikan sumbang saran dan pemikiran dalam rangka percepatan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Sumatera Selatan” ucap Mukti.

Lanjutnya, Pengarusutamaan Gender (PUG) dilakukan dengan mengintegrasikan perspektif gender ke dalam proses pembangunan di setiap bidang. Penerapan PUG akan menghasilkan kebijakan publik yang lebih efektif untuk mewujudkan pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh penduduk Indonesia dan khususnya Sumatera Selatan, baik laki-laki maupun perempuan.

“Selama ini, yang sering terjadi seperti di Bidang legislasi, peraturan daerah atau peraturan lainnya tidak mengakomodir dan menjamin rasa keadilan masyarakat yang mengakibatkan terjadinya resistensi atau perlawanan dari masyarakat yang menjadi obyek peraturan tersebut” pungkasnya.

Selain itu, dibidang anggaran, ketidakefisienan dalam menetapkan belanja yang lebih mengutamakan besaran jumlah belanja tanpa memperhatikan manfaat yang berkeadilan bagi semua kelompok masyarakat laki-laki dan perempuan dan kelompok masyarakat marginal yang berkebutuhan khusus, akibatnya secara akumulatif menimbulkan kesenjangan manfaat sumberdaya pembangunan daerah.

Serta pada Bidang pengawasan, pengawasan dilakukan oleh DPRD untuk mencegah terjadinya distorsi terhadap pelaksanaan pembangunan “on the track” yang memberikan manfaat secara adil sesuai dengan arahan RPJMD atau peraturan lainnya.

“Oleh karena itu, melalui forum yang terhormat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berharap kiranya kita semua yang hadir disini akan memegang komitmen bersama untuk dapat mendorong percepatan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Perencanaan dan Penganggran yang Responsif Gender (PPRG). Dengan demikian apa yang menjadi cita-cita kita bersama, dapat terwujud dengan baik demi tercapainya masyarakat adil dan makmur yang berkeadilan gender serta berkelanjutan” harap Mukti.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Susna Sudarti menjelaskan bahwa jumlah peserta yang mengikuti acara ini yaitu sebanyak 86 orang yang terdiri dari 35 orang dari anggota DPRD Provinsi Sumsel dan 51 orang dari anggota DPRD kabupaten/kota se Sumsel. “Acara ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang Perencanaan dan Penganggran yang Responsif Gender (PPRG) kepada anggota legislatif DPRD provinsi Sumsel maupun Kabupate/Kota se-Sumsel dalam upaya untuk mempercepat pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Perencanaan dan Penganggran yang Responsif Gender (PPRG) di Sumsel. (Humas Pemprov)
Tags: , ,