Disdik OKI Sosialisasi ASN



Jurnal, Kayuagung -Ada perubahan paradigma yang prinsipal dalam RUU ASN dibandingkan UU No 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian. RUU ASN mengedepankan kinerja dan profesionalisme aparatur sipil negara. Salah satunya jabatan aparatur sipil negara terdiri dari jabatan administratif, fungsional dan jabatan eksekutif senior. Istilah PNS diganti dengan Aparatur Sipil Negara (ASN), selain itu seleksi ASN berdasarkan kompetensi,”ASN mirip dengan pegawai Swasta,Melayani bukan dilayani”.ungkap Kepala Dinas Pendidikan OKI Drs.H.Zulkarnain MM melalui Sekertaris H.Husni pada saat sosialisasi ASN di gedung Dinas Pendidikan tersebut.Selasa (16/12)

Semetara Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) OKI Ridwan mengatakan melaksanakan sosialisasi Undang Undang Aparatur Sipil Negara (ASN)bagian dari penikatan Profesional pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan di Kabupaten OKI dan dalam era reformasi dan demokrasi saat ini. Keberadaan dan kinerja PNS selalu mendapat sorotan maupun kritik tajam dari elemen masyarakat.

“Karena itu, kemampuan dan kewajiban PNS sebagai aparatur negara ditantang untuk dapat mengantisipasi dan mengakomodir berbagai aspirasi serta harapan masyarakat,”katanya.

Diharapkan, dengan adanya sosialisasi, para ASN dapat memahami esensi Undang Undang Nomor 5/ 2014, tentang ASN yang mengharuskan PNS untuk dapat memperbaiki perilaku dan profesionalitas, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi tercapainya reformasi birokrasi di KabupatenOKI.”Mulailah menata dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, agar dapat memberikan pelayanan publik prima,”ujarnya.

Lanjutnya tujuan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman Undang Undang No 5/ 2014 tentang ASN dan menyatukan kesamaan persepsi aparatur berkaitan dengan adanya berbagai kebijakan.

Perubahan kepegawaian yang sampai saat ini masih ditemukan permasalahan-permasalahan dalam implementasi kebijakan perundang-undangan, sekaligus upaya perencanaan perumusan implementasi kebijakan berupa peningkatan profesionalitas pelayanan di bidang kepegawaian.”Kegiatan diikuti ratusan Kepala Sekolah SMP Dan SMA sederajat se- Kabupaten OKI” pungkasnya. (kayuagungradio)
Tags: ,