Fenomena Tiga 'Sunrise' Muncul di Rusia

Warga di kota Chelyabinsk, Rusia, mendapat kesempatan unik melihat fenomena matahari terbit di tiga tempat berbeda di langit, yang oleh para ahli meteorologi disebut dengan istilah 'halo'.

Dikutip dari laman BBC, Rabu, 18 Februari 2015, ahli meteorologi mengatakan fenomena itu terjadi karena ilusi optik, disebabkan  kristal es di udara yang membiaskan sinar matahari.

Kristal es yang tidak terlihat dengan mata telanjang itu, biasanya muncul di pagi hari saat cuaca sangat dingin dengan temperatur mencapai -25 derajat Celcius.

Beberapa hari sebelumnya New York Times melaporkan, bahwa penduduk New York juga melihat fenomena tidak biasa, salju kebiru-biruan menutup jalan-jalan kota.

Beberapa orang dibuat terkejut dengan fenomena itu, yang ternyata merupakan akibat dari tumpahnya cairan kimia dari sebuah pabrik, yang menguap dan bercampur dengan salju.

Masyarakat kota Chelyabinsk tampaknya mulai terbiasa dengan kejadian tidak biasa, setelah munculnya meteor seberat 570 kilogram di langit kota itu pada 2013, dan masih menjadi misteri hingga saat ini.

(VIVA.CO.ID)
Tags: