OGAN ILIR MASUK BURSA PJS BUPATI SUMSEL


Rencana Pemerintah pusat untuk menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun 2015, ternyata masih harus ditunda hingga tahun 2016. Akibatnya, enam daerah yang semula akan  digelar Pilkada pada tahun ini akan dijadwalkan pun harus tertunda. Dari enam daerah tersebut, Ogan Ilir (OI) adalah salahsatunya.  Saat ini Kabupaten Ogan Ilir yang dipimpin oleh Ir H. Mawardi Yahya tersebut akan berakhir pada Bulan Agustus 2015.
Asisten I bidang Pemerintahan Pemprov Sumsel, Ikhwanudin mengungkapkan  bahwa  Jabatan Kepala Daerah yang berakhir tahun 2015, digantikan oleh pejabat sementara atau Pjs yang diusulkan Gubernur ke Mendagri. Ia menjelaskan juga bahwa , Pjs Kepala Daerah tersebut bersifat sementara. Pjs akan mempersiapkan pelaksanaan Pilkada di daerahnya. Pjs itu juga menjalankan pemerintahan hingga terpilihnya kepala daerah baru yang definitif dan ditambahkannya pula bahwa Pemprov dan KPU Sumsel mulai mempersiapkan pilkada serentak dari sekarang.
Enam daerah di Sumsel yang mengundur jadwal Pilkada adalah Kabupaten PALI, Ogan Ilir (OI), OKU Timur, OKU, OKU Selatan dan Kabupaten Musirawas.
Meski tinggal beberapa bulan lagi, Ikhwanudin mengaku belum dapat memastikan nama-nama yang akan diusulkan Gubernur Sumatera Selatan ke Mendagri, Tjahjo Kumolo.
“Yang saya ketahui, memang sampai sekarang belum ada nama-nama yang direkomendasikan Oleh Gubernur. Kemunugkinan Maret mendatang baru disulkan,” katanya.
Berdasarkan kabar yang berkembang, dikalangan pejabat beredar sejumlah nama para pengganti Bupati yang habis masa jabatannya di tahun 2015, seperti Yulizar Dinoto (Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel), lalu Apriadi (Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel), dan Yusni (Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sumsel).

Pemprov Sumsel akan mempersiapkan semua keperluan yang ada dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pusat. (Lias)

Tags: ,