WARGA DI OGAN ILIR SIAGA BENCANA BANJIR


Ogan Ilir waspada banjir - ILUSTRASI

INDRALAYA — Bencana banjir yang melanda sebagian wilayah Provinsi Sumatera Selatan, seperti di Lubuklinggau dan Kabupaten Empatlawang sejak beberapa hari terakhir, membuat masyarakat yang berdomisili di wilayah tepi perairan Sungai Ogan Kabupaten Ogan Ilir (OI), mulai ketar-ketir. Pasalnya, bencana banjir sewaktu-waktu akan melanda sebagian wilayah Kabupaten OI, yang didomisili wilayah perairan dan rawa-rawa seperti di Kecamatan Muara Kuang, Lubuk Keliat hingga Kecamatan Pemulutan. Warga pasrah jika sewaktu-waktu air sungai ogan mulai meluap hingga mengakibatkan bencana banjir.
“Biasanya, hampir setiap tahun puluhan desa di Kecamatan Muara Kuang terendam banjir akibat luapan air Sungai Ogan seperti di Desa Tanabang, Embacang serta Desa Kassa,” ujar Zulkifli, warga Muara Kuang, Selasa (10/2/2015).
Hal senada diungkapkan, Erlan (36) warga yang tinggal di perbatasan kota Palembang dengan Kabupaten OI, tepatnya di Desa Sungai Buayo Kecamatan Pemulutan. Ia mengaku hanya bisa pasrah apabila bencana banjir sewaktu-waktu mulai terjadi.
“Tetapi, kita jangan berandai-andai, semoga pada tahun ini tidak terjadi bencana banjir. Jika saja, air sungai mulai meluap hingga menggenangi permukiman penduduk, iya apa boleh buat,” katanya.
Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OI Syakroni mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Sumsel, menyatakan siklus bencana banjir yang melanda pada tahun ini, merupakan bencana banjir musiman dengan jangka waktu satu kali dalam 5 tahun.
Ditambahkan Syakroni, sejauh ini kondisi air sungai masih dalam tahap kategori aman atau belum terlihat adanya peningkatan debit air secara signifikan bertepatan dengan bencana banjir di wilayah Kabupaten Lubuklinggau serta Kabupaten Empatlawang.
“Patokan kita yakni di wilayah Ogan Komering Ulu (OKU), apabila wilayah tersebut mengalami banjir. Iya, otomatis Ogan Ilir pun, ikut mengalaminya. Tapi, sejauh ini debit perairan sungai Ogan belum terlihat mengalami peningkatan,” katanya. (Lias)
Tags: ,