KOMNAS PERLINDUNGAN ANAK MINTA JOKOWI SEGERA BERSIKAP ISIS MULAI INCAR ANAK-ANAK



Bgmb/// sekretaris jenderal (sekjen) komisi nasional perlindungan anak (komnas pa) samsul ridwan prihatin atas munculnya video yang menunjukkan anak-anak yang diduga direkrut negara islam irak dan suriah (niis/isis) dan dilatih berperang.
Menurut samsul, kemunculan video itu menjadi peringatan bagi pemerintah indonesia, mencegah anak-anak direkrut menjadi bagian dari isis.
"isis yang merupakan organisasi terorisme internasional telah menggunakan anak-anak sebagai pasukan antipemerintah dalam aksi propagandanya. Ini harus menjadi perhatian serius semua pihak, khususnya pemerintah karena apabila tidak segera direspon atau diantisipasi, sangat dimungkinkan rekruitmen mujahid cilik ini akan cepat meluas," kata samsul, rabu (18 maret 2015
Ia berharap, pemerintahan jokowi segera mengambil sikap untuk mencegah anak-anak indonesia menjadi 'tameng perang' kelompok radikal. Beberapa hal yang dapat dikerjakan, menurut dia, dengan menguatkan keluarga rentan kelompok radikal, meluruskan makna jihad, meningkatkan peran intelijen, dan menyelamatkan anak-anak yang sudah menjadi korban.
Samsul menegaskan, undang-undang perlindungan anak sangat jelas mengatur terkait pelarangan anak angkat senjata sebagai tentara cilik. Sanksinya pun jelas.
Akan tetapi, lanjut samsul, instrumen hukum itu akan sia-sia jika tak diiringi dengan sikap tegas pemerintah.
Tags: ,