PENYERANG DUBES AS DI KORSEL JUGA PERNAH TEROR DUBES JEPANG



Polisi pengamanan korea selatan berhasil menangkap penyerang duta besar amerika serikat untuk korea selatan, mark lippert, di ruang pertemuan sejong hall, seoul, hari ini. Pelaku diketahui bernama kim ki-jong dari kelompok unifikasi pro-korea, yang menyelenggarakan acara di tempat tersebut.

Kantor berita reuters, kamis, 5 maret 2015 melansir pernyataan saksi dan polisi yang menyebut lippert hadir untuk memberikan pidato mengenai reunifikasi dua korea. Saksi turut menyebut kim menyerang dubes berusia 42 tahun itu dengan menggunakan sebuah pisau buah..

Lammbrau seorang saksi mata mengatakan, pelaku diketahui masih berteriak mengenai kemerdekaan korea saat tengah ditahan oleh polisi.  

Pelaku meneriakkan bahwa dia menentang latihan perang yang akan dilakukan oleh pasukan as dan korsel. Kepada polisi, dia mengaku hanya bertindak seorang diri. Menurut kantor berita yonhap, kim merupakan bagian dari kelompok pro reunifikasi dan ini bukan aksi pertamanya.

Di tahun 1985 silam, dia pernah memotong dan membakar bendera as di dalam gedung kedutaan besar as di seoul tahun 1985 silam. Selain itu di tahun 2010, kim juga pernah menyerang dubes jepang untuk korsel.

Saat itu, dia melemparkan benda padat ke arah dubes jepang. Akibatnya, kim sempat dijatuhi hukuman percobaan penjara. Kini, kondisi lippert sudah membaik usai dilarikan ke rumah sakit. Dokter mengatakan lukanya tidak begitu serius.

Presiden barack obama diketahui telah menelpon lippert untuk memastikan dia baik-baik saja. Sementara, pemerintah as melalui departemen luar negeri mengutuk serangan terhadap perwakilan mereka.
Tags: ,