koalisi militer saudi izinkan bantuan kemanusiaan ke yaman


komite palang merah internasional pada minggu kemarin telah diizinkan oleh koalisi militer yang dipimpin arab saudi untuk membawa masuk pasokan medis dan pekerja kemanusiaan masuk ke yaman. Persetujuan akhirnya diberikan usai bernegosiasi selama hampir sepekan dengan pihak saudi.

Kantor berita reuters, minggu, 5 april 2015 melansir palang merah internasional (icrc) telah mencoba mengirimkan pasokan untuk menyelamatkan nyawa warga sipil dan peralatan ke yaman, usai 11 hari serangan udara yang dipimpin oleh saudi. Hampir dua pekan usai serangan udara pertama, puluhan warga sipil telah menjadi korban tewas.


Sebelumnya, icrc dan rusia telah menyerukan sebuah gencatan senjata di yaman dengan tujuan untuk membiarkan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan bisa masuk ke dalam negara itu. Selain itu, dengan adanya gencatan senjata, bisa memudahkan proses evakuasi warga sipil keluar dari yaman.

Stasiun berita abc news australia melaporkan rusia telah mendistribusikan sebuah konsep resolusi di pbb yang berisi desakan untuk penghentian serangan udara koalisi.

Icrc menyebutkan terdapat tiga kapal mereka yang tetap tertahan dan tidak bisa masuk ke yaman.

Presiden dewan keamanan pbb, duta besar yordania untuk pbb, dina kawar, mengatakan, dewan membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan proposal dari rusia untuk penghentian serangan udara terhadap kelompok pemberontak syiah, hothi. Kawar menyebut, dewan kini tengah berfokus untuk mencari solusi politik jangka panjang terhadap krisis di yaman.

Sementara itu, juru bicara koalisi militer, brigadir jenderal ahmed asseri mengatakan, mereka siap untuk menghentikan serangan udara sesuai dengan instruksi dari pemimpin politiknya. Badan kemanusiaan dan pemerintah harus berkoordinasi dengan pejabat di ibu kota riyadh.

Namun, masalahnya, hingga saat ini, belum ada tanda-tanda penghentian peperangan di kota aden. Sementara itu, tim medis khawatir akan ada lebih banyak lagi korban sipil seandainya mereka tidak cepat memperoleh akses ke kota aden.

Data dari pbb menyebut jika lebih dari 500 orang tewas terbunuh dalam serangan udara dua pekan terakhir di yaman. Sementara itu, hampir 1.700 orang dinyatakan terluka
Tags: ,