SOAL OTONOMI DAERAH, TIGA PROVINSI RAIH PENGHARGAAN


menteri dalam negeri tjahjo kumolo mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk bekerja maksimal demi melayani masyarakat. Dalam peringatan hari otonomi daerah (otda) ke-19 tahun 2015, mendagri tjahjo juga mengimbau pemda untuk menyegerakan kesejahteraan masyarakat.

Tjahjo juga mengajak pemda untuk membangun masyarakat mandiri, mampu mengelola daerah otonomi baru (dob) baik di provinsi, kabupaten dan kota.

Bertepatan dengan peringatan hari otda, kementerian dalam negeri juga memberikan penghargaan kepada 3 provinsi, 10 kabupaten, serta 10 kota yang tersebar di seluruh indonesia. Puluhan daerah itu antara lain provinsi jawa timur,  provinsi jawa tengah, provinsi diy jogjakarta.

Di tingkat kabupaten, penghargaan diberikan kepada kabupaten bantul, kabupaten kulon progo, kabupaten kutai kartanegara, kabupaten lamongan, kabupaten pasangan, kabupaten pinrang, kabupaten purbalingga, kabupaten tuban, kabupaten sleman, dan kabupaten sidoarjo. Sedangkan di tingkat kota penghargaan diterima oleh kota blitar, kota cimahi, kota depok, kota mojokerto, kota samarinda, kota semarang, kota surabaya, serta kota jogjakarta.

Saat ini total ada 539 otonomi daerah, dengan rincian 34 provinsi, 412 kabupaten dan 93 kota di seluruh indonesia. Peringatan hari otda sejatinya diperingati pada 25 april 2015 kemarin. Namun karena bertepatan dengan hari sabtu dan libur, maka peringatan baru dilaksanakan hari ini. Selain mendapat penghargaan dari kemendagri, rencananya selasa besok tiga kepala daerah dan sepuluh provinsi serta sepuluh kota berprestasi kinerja terbaik akan menerima tanda kehormatan satyalancana karya bhakti praja nugraha. Sementara dua kabupaten yaitu tuban dan purbalingga, serta kota madiun dan mojokerto juga akan menerima tanda kehormatan parasamya purnakarya nugraha dari presiden
//
Tags: ,