PBB SEBUT LEBIH DARI 2.500 MIGRAN MASIH ADA DI LAUT



Mancanegara-jelang pertemuan regional yang akan digelar thailand, untuk membahas krisis migran asia tenggara pada jumat, 29 mei 2015, pbb mengatakan lebih dari 2.500 migran masih ada dalam kapal-kapal, di teluk bengal dan laut andaman.

Dilansir dari reuters, kamis, 28 mei 2015, ribuan rohingya dari myanmar dan migran bangladesh, berusaha memasuki malaysia dan indonesia, dalam beberapa pekan terakhir, setelah thailand memberantas praktik penyelundupan manusia, awal mei.

Menurut data organisasi internasional untuk migrasi (iom) dan badan pengungsi pbb, unhcr, mengatakan adalah lebih dari tujuh kapal yang mengangkut sekitar 2.600 orang, masih berada di laut.

Pertemuan di bangkok, jumat, akan melibatkan 17 negara termasuk asean, ditambah amerika serikat (as), swiss, serta organisasi-organisasi internasional.


Penasihat khusus sekjen pbb vijay nambiar, mengatakan pemilu yang akan digelar myanmar pada november, dapat menjadi faktor yang memperumit usaha mengatasi isu rohingya.

Beberapa diplomat mengatakan skeptis, atas hasil yang mungkin diperoleh dalam pertemuan di bangkok.

Diplomat itu menyebut krisis migran adalah persoalan asean, serta harus diselesaikan oleh asean, yang sejauh ini masih mempertahankan prinsip non-intervensi sesama negara anggota...///
Tags: ,