AKIBAT PERUBAHAN MUSIM BANYAK UNGGAS DI OI MATI MENDADAK


Bgmb// Ribuan ayam kampung mati mendadak yang diternak oleh masyarakat di wilayah Kecamatan Inderalaya, seperti Desa Tanjung Seteko, Kelurahan Inderalaya Raya, penyebabnya terjangkit virus Newcastel Disease (ND).
“Kami dari dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Pemkab Ogan Ilir (OI) sudah turun kelapangan untuk melihat kebenarannya,’’ kata Kadisnakkan Pemkab OI, Ir.Tarmudji, ketika dikonfirmasi.
Hasilnya, dari kandang ayam milik beberapa warga mengatakan, hasil pemeriksaan yang dilakukan negatif terindikasi virus flu burung namun hanya dinyatakan terindikasi virus Newcastel Disease (ND) yang disebabkan pergantian musim dan dianggap penyakit ayam biasa.
Menurutnya, ayam yang mati sakit, bangkainya harus dikubur atau dibakar agar virusnya tidak menyebar. Tak hanya itu virus ND yang masih dianggap aman karena virusya tidak menjangkit pada manusia, hanya terjangkit pada unggas disekitarnya. Lain halnya, dengan virus flu burung bukan hanya akan terjangkit pada unggas disekitarnya namun juga menjadi ancaman bagi manusia .
Lanjut Tarmudji, virus ND ini sudah merupakan virus bawaan dan musiman yang sudah puluhan tahun, biasanya ayam atau unggas yang terserang virus ND saat sakit kepala ayamnya sering muter muter seperti pusing kepala dan kedinginan.
“Kebanyakan jenis unggas yang paling rentan terkena virus ND yakni ayam. Karena, ayam termasuk unggas yang fisiknya paling lemah.’’ ujarnya.
Untuk mengantisipasi virus ND, ayam harus diberi vaksin ND dengan cara disuntik pada ayam tersebut dan dilakukan penyemprotan pada kandang ayamnya .
Tarmuji menambahkan, virus ND ini masih dianggap wajar karena bisa terjangkit pada saat musim pancaroba atau pergantian musim, namun demikian pihaknya terus melakukan pengecekan ke kandang-kandang ayam yang ada di kabupaten OI.
Paling tidak dengan turun langsung melakukan pengecekan pihaknya sedini mungkin akan mengetahui perkembangan kesehatan unggas yang ada.
Tags: ,