Desa Pulau kabal dan pesisirnya, dalam waktu dekat bakal memeroleh bantuan progran cetak sawah Nasional. Sebelumnya, Tim nawa cita dari Pemerintah Pusat sudah memantau langsung lokasi lahan yang akan dijadikan projek cetak sawah di Desa Pulau Kabal, Kabupaten  Ogan Ilir (OI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).
Penggagas Pertanian, sekaligus perangkat Desa Pulau Kabal, Suwito mengatakan, tidak satupun Desa di wilyah Indonesia yang menginginkan desanya tertinggal. Baik infrastruktur, ekonomi dan pembangunan lainnya.
“Maka dari itu, Koperasi Tani Sido Makmur akan membuka dan memanfaatkan lahan tidur menjadi persawahan aktif dengan program cetak sawah. Bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Pulau Kabal,” ungkap Ketua Koperasi Tani Sido Makmur ini.
Dia melanjutkan, Desa Pulau Kabal telah bekerjasama dengan Pemerintah Pusat. Tentunya melalui program nawa cita Presiden RI, Joko Widodo tentang kedaulatan pangan dan pembangunan infrastuktur yang dimulai dari pesisir pedesaan.
Tujuannya, meningkatkan ekonomi dan kemandirian masyarakat Indonesia. Sehingga dapat hidup layak dan sejahtera dengan mencapai swasembada pangan.
Ketua tim nawa cita, RM Suryo Atmanto didampingi FX Sunarto mengungkapkan, program nawa cita ini merupakan program presiden RI untuk melakukan jaringan pembangunan Infrastruktur pendukung lahan pertanian.
Seperti jalan penghubung, saluran primer dan sekunder, pembutan jaringan irigasi, cetak sawah, bantuan sertifikat kepemilikan lahan cetak sawah baru dan sebagainya. Akhirnya, akan mewujudkan masyarakat yang mandiri.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan OI, Burmansyah menyampaikan, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) OI berterimakasih pada tim Nawa Cita  yang sudih bersilaturrahim.
Kemudian memantau projek dan sekaligus melihat langsung lokasi yang akan dijadikan cetak sawah di Desa Pulau Kabal, Kecamatan Indralaya Utara.