SELAMA KEBAKARAN HUTAN INDONESIA MERUGI HINGGA Rp. 221 TRILIUN


Bgmb/// bank dunia mencatat indonesia merugi hingga rp221 triliun sepanjang bencana kebakaran hutan di tahun 2015. Jumlah ini dua kali lipat besarnya dari biaya pembangunan usai provinsi aceh diporakporandakan tsunami 2004.

Dalam laporan kuartal tentang perekonomian indonesia, bank dunia bahkan menyebut kebakaran hutan yang terjadi sejak juni hingga okotber 2015 telah memusnahkan 2,6 juta hektare hutan dan lahan pertanian yang ada di indonesia. Biaya ekonomi yang ditanggung indonesia diprediksi mencapai 1,9 persen dari produk domestik bruto (pdb) 2015. Kata direktur bank dunia di indonesia, rodrigo chaves rabu, 16 desember 2015.

Bencana kebakaran hutan dan lahan di indonesia, beberapa di antaranya ditengarai oleh aktivitas perkebunan sawit. Pola pembakaran hutan menjadi cara yang paling irit biaya dilakukan oleh para pengusaha.

Analisis bank dunia, setiap hektare lahan yang dibakar untuk sawit harus diakui memang menghasilkan keuntungan mencapai usd$8 miliar. Hanya saja keuntungan itu dinikmati oleh segelintir orang. Sementara kerugiannya justru menembus angka hingga usd$16 miliar.
/////
Tags: ,