SUHARDIMAN PENDIRI ORMAS GOLKAR MENINGGAL DUNIA



Bgmb///  pendiri organisasi massa sentral organisasi karyawan swadiri indonesia (soksi), suhardiman, wafat pada minggu siang, 13 desember 2015. Jenazah disemayamkan di rumah duka jalan kramat batu, nomor 1, cipete, jakarta selatan.
Jasad mayor jenderal purnawirawan yang turut mendirikan partai golkar itu dimakamkan di pemakaman keluarga di cisarua, bogor, jawa barat, pada pukul 12.30 wib, senin, 14 desember 2015.
Menurut sekretaris fraksi partai golkar, bambang soesatyo, ketua umum aburizal bakrie dan sejumlah petinggi partai itu menghadiri pemakaman suhardiman.
Suhardiman lahir di surakarta, jawa tengah, 16 desember 1924. Dia meninggal pada usia 91 tahun. Almarhum meninggalkan seorang istri, tujuh anak, 12 cucu dan cicit.
Suhardiman adalah tokoh politik yang telah melewati lima masa kepemimpinan indonesia: zaman hindia belanda, zaman jepang, presiden sukarno, presiden soeharto, dan masa reformasi.
Suhardiman kerap disebut sebagai 'dukun politik' karena intuisinya sangat kuat dalam memprediksi peristiwa politik, terutama dalam konteks suksesi kepemimpinan.
Dia turut mewarnai perjalanan politik indonesia bersama soksi, yang awalnya dia dirikan untuk membendung penyebaran paham komunisme oleh pki.
Dalam perjalanannya, soksi menjadi salah satu ormas yang melahirkan partai golkar dan menjadi tempat pengkaderan para pemimpin bangsa. Komentar dan pendapat suhardiman kerap diminta sejumlah media, terutama mengenai suksesi kepemimpinan di indonesia, karena intuisi politiknya sangat kuat dalam memprediksi calon-calon pemimpin masa depan /
Tags: ,