KPP PRATAMA KAYUAGUNG GELAR SOSIALISASI E-FAKTUR



KPP Pratama Kayuagung Gelar Sosialisasi E-fakturBgmb// e-faktur adalah faktur pajak yang dibuat melalui aplikasi atau sistem elektronik yang ditentukan dan/atau disediakan oleh direktorat jenderal pajak. Untuk mensosialisasikan e-faktur tersebut, kpp pratama kayu agung adakan pemberian materi belajar bagi para pengusaha kena pajak (pkp) di kabupaten ogan komering ilir, belum lama ini
A.sofuan zauki selaku narasumber menjelaskan, untuk menerapkan pembuatan e-faktur ini, direktorat jenderal pajak telah menyediakan aplikasi yang dapat diinstall di perangkat komputer pkp dan e-faktur ini otomatis terhubung ke program e-spt, sehingga akan memudahkan pkp dalam membuat spt masa ppn secara elektronik menggunakan program e-spt.
Dikatakan mang sofuan selain itu karena beban administrasi yang begitu besar bagi pihak djp sehingga suatu sistem elektronik untuk faktur pajak dipandang sangat memberikan efisiensi bagi djp maupun pkp itu sendiri. Jika berbicara mengenai manfaat, dalam dunia modern tentu semua aplikasi berbentuk elektronik sangat memberikan efisiensi bagi penggunanya.
Sedangkan bagi djp melalui aplikasi e-faktur ini, kita makin mudah melakukan pengawasan dengan adanya proses validasi pajak keluaran - pajak masukan (pk-pm), adanya data lengkap dari setiap faktur pajak serta meminimalisir proses penyimpanan dokumen.
Diharapkan kedepan dengan adanya e-faktur mempermudah pelayanan karena akan mempercepat proses pemeriksaan, pelaporan, dan pemberian nomor seri faktur pajak. Selain itu juga sistem berbasis elektronik ini akan meminimalkan penyalahgunaan penggunaan faktur pajak oleh perusahaan fiktif atau pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga potensi pajak yang hilang menjadi sangat kecil///
Tags: ,