PSSI Umumkan Pelatih Timnas Indonesia pada Juli 2016?

Wakil Ketua Umum Komite Eksekutif PSSI, Erwin Dwi Budiawan mengaku PSSI terus melobi Persib Bandung agar tampil di Piala Proklamasi. (Bola.com/Muhammad Ridwan)Kepastian pelatih yang akan mengarsiteki Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 agaknya bakal diketahui pada Juli 2016. Hal itu merujuk pada pernyataan Wakil Ketua Umum PSSI, Erwin Dwi Budiawan usai rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta, Rabu (18/5/2016).
Erwin merasa pengumuman pelatih pada Juli terbilang ideal. Selain masih punya cukup waktu untuk melakukan persiapan, PSSI juga masih fokus mencari nama-nama calon pelatih ideal untuk menukangi Tim Merah Putih dalam turnamen yanh berlangsung di Filipina dan Myanmar, 19 November-17 Desember 2016.
Proses seleksi pelatih Timnas Indonesia yang menjadi tugas Komite Teknik PSSI memang masih panjang. Selain baru akan diumumkan saat rapat Exco pada 23 Mei, para calon pelatih Timnas Indonesia juga belum melewati tes kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).
Selain itu, PSSI juga masih harus bersinergi dengan pemerintah untuk membicarakan berbagai hal mengenai persiapan timnas. "Mungkin pada Juli sudah diketahui pelatih timnas Indonesia untuk Piala AFF," kata Erwin kepada bola.com.
"Bulan Juli masih ideal karena Timnas punya waktu untuk melakukan uji coba sebelum bermain di turnamen sebenarnya," ia menambahkan.
Jika mengacu pada kalender resmi FIFA, skuat Timnas Indonesia yang dipersiapkan ke Piala AFF masih akan melewati tiga periode uji coba resmi FIFA. Pertama pada 29 Agustus-6 September, 3-11 Oktober, dan terakhir, 7-15 November 2016.
"Setiap pelatih yang terpilih tentu ditargetkan meraih hasil terbaik di Piala AFF 2016," ucap Erwin yang pernah menjabat sebagai Ketua Komite Kompetisi PSSI menegaskan.
Di sisi lain, nama-nama yang layak menukangi Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 terus bermunculan walau PSSI baru mengumumkan calon pelatih saat rapat Exco PSSI, 23 Mei. Beberapa nama yang mencuat di antaranya Dejan Antonic, Djajang Nurdjaman, Aji Santoso, Nilmaizar hingga Pieter Huistra.
Nama terakhir merupakan mantan Direktur Timnas yang sempat menempati posisi pelatih sementara Tim Merah Putih. Saat ini, Huistra masih mengemban tugas sebagai pelatih klub Jepang, Iwaki FC.
"Untuk pelatih timnas, kemungkinan akan memakai pelatih lokal. Hal ini jika melihat waktu yang tersisa menuju Piala AFF," kata Hinca Pandjaitan, Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI.
Tags: