PANCASILA HINDARKAN INDONESIA DARI PERANG IDEOLOGI



Hasil gambar untuk PANCASILABGMB// Sejarah hari lahirnya pancasila 1 juni menggunakan momentum pidato presiden pertama ri, soekarno, dalam sidang "dokuritsu junbi cosakai" atau badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan indonesia (bpupki) pada 1 juni 1945.
Dalam pidato itulah konsep dan rumusan awal pancasila mulai dikemukakan, tetapi baru disepakati dan dicantumkan dalam pembukaan uud 1945 pada 18 agustus 1945.
Menteri dalam negeri tjahjo kumolo mengatakan bahwa pidato soekarno tersebut sangat penting bagi bangsa indonesia. Pertama, kata tjahjo, pancasila telah menjadi norma fundamental untuk membangun negara indonesia merdeka yang kekal dan abadi.kata tjahjo dalam pidato upacara peringatan hari pancasila di kantor kementerian dalam negeri, jalan medan merdeka utara 7, jakarta, rabu 1 juni 2016.
Pancasila, menurut tjahjo, menjadi dasar yang diperlukan sebagai syarat agar indonesia bisa mengklaim diri sebagai sebuah negara merdeka. Pancasila menjadi roh yang membimbing arah perjuangan mencapai indonesia yang merdeka dan berdaulat penuh.
Sayangnya, dalam beberapa dekade dalam usaha mengisi kemerdekaan, pengertian pancasila telah banyak dikaburkan dan diselewengkan. Bahkan kini, perlahan-lahan nilai-nilai luhur pancasila mulai ditinggalkan dalam praktiknya.
Tjahjo menilai usaha indonesia dalam memperjuangkan pancasila agar menjadi ideologi yang hidup, mengalami perapuhan. Karena itu, dalam rangka memperingati hari lahirnya pancasila, tjahjo mengajak seluruh masyarakat menyatukan hati, pikiran, ucapan, dan tindakan mewujudkan pancasila.
.tjahjo berharap, agar gotong royong bisa dijadikan sebagai intisari pancasila, menjadi cara pikir, cara tutur, dan cara kerja masyarakat indonesia di mana pun dan kapan pun berada. "hanya dengan cara itu, pancasila akan menjadi ideologi dinamis yang hidup dan berdialektika di tengah-tengah bangsa yang bhinneka ini//
Tags: ,