PERUSAHAAN DI OKI AJAK MASYARAKAT IKUTI PELATIHAN PENANGGULANGAN KARHUTLA

Bgmb/// guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Salah satu perusahaan yang beroperasi di wilayah kabupaten ogan komering ilir (oki) provinsi sumatera selatan, melibatkan 140 penduduk lokal yang tergabung dalam 21 kelompok tani peduli api (ktpa) yang berasal dari 21 desa yang tersebar di 7 kecamatan, untuk mengikuti pelatihan pencegahan dan penanggulangan karhutla serta sekaligus juga dilengkapi dengan perlengkapan yang memadai seperti pompa air, alat pelindung diri beserta aksesoris lainnya untuk menjadi lebih efektif.
Tujuh kecamatan yang dimaksud meliputi mesuji, mesuji raya, pedamaran timur, lempuing jaya, pedamaraan, sungai menang dan cengal. 
Parluhutan sitohang, penanggung jawab kegiatan mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk keseriusan perusahaan untuk mengantisipasi terjadinya karhutla di kabupaten oki. Pihaknya juga menggandeng bpbd kabupaten oki, bhabinkamtibmas polres, babinsa kodim, satbinmas polres, dan tim disaster management center.

Adapun materi yang diajarkan adalah seputar motivasi kesukarelawanan (volunterism), mitigasi kebencanaan, pertolongan pertama pada kecelakaan (p3k), evakuasi, pemetaan partisipatif titik rawan api, sumber air dan fasilitas publik, dilanjutkan simulasi pemasangan alat damkar dan simulasi/praktik pemadaman api serta kesemaptaan ringan bersama tim security///
Tags: ,