MENTERI AGAMA RI BERHARAP NILAI-NILAI RELIGIUS MENJADI DASAR UTAMA DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA



Bgmb///menteri agama ri lukman hakim saifudin berharap nilai-nilai religius menjadi dasar utama dalam kehidupan bernegara. Hal itu dikatakan lukman saat menyampaikan sambutan pada musyawarah nasional kedelapan lembaga dakwah islam indonesia (ldii), di balai kartini, jakarta, selasa 8 november 2016.
Ia menambahkan, ada upaya mengganti tonggak dasar berbangsa dan bernegara dengan konsep lain, menurutnya kita harus berpikir ulang berkali-kali. Apa yang sudah kita hasilkan sudah luar biasa. Dalam aspek kenegaraan, indonesia sudah didasari nilai-nilai religius yang universal. Hal itu terlihat dalam kandungan pancasila. Pancasila sebagai dasar negara juga didasari oleh nilai-nilai keagamaan.
Semua agama bicara ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi kerakyatan, dan itu semua mengarah pada keadilan soisial. Nilai-nilai keagamaan juga terkandung dalam konstitusi indonesia.
Di beberapa pasal, kata lukman, terkandung spirit keagamaan, di antaranya pada pasal 9. Pasal tersebut menyatakan, presiden dan wakil presiden memulai masa baktinya dengan mengucapkan sumpah kepada tuhan. Selain itu, spirit keagamaan juga terdapat pada pasal 31 yang menyebutkan bahwa pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjunjung tinggi nilai agama.
Oleh karena itu, lukman berharap relasi agama dan negara di indonesia bisa terus berjalan dengan baik. Indonesia memiliki sejarah panjang dalam menata dan mememlihara relasi agama dan negara. Keduanya diupayakan sedimikian rupa sehingga kita dikenal sebagai bangsa religius namun tetap bisa kita rawat kemajemukan denga n baik///
Tags: ,