Debit Air Bertambah, Warga Diminta Waspada Banjir

SERAHKAN BANTUAN: Camat Pemulutan Barat, Anam Al Furkon,S.H, didampingi Kepala Baznas OI, Muhyidin,M.A saat menyerahkan bantuan korban kebakaran dari Baznas OI (Foto: Goni)

Indralaya Radio - Musim hujan yang sedang dialami menyebabkan debit air diberbagai sungai dan rawa di kabupaten Ogan Ilir mulai bertambah. Tak terkecuali di sungai dan rawa yang terdapat di kecamatan Pemulutan Barat pun juga debit air bertambah. Hal ini sedikit banyak membuat aktifitas masyarakat baik di bidang pertanian dan perkebunan terganggu. Terkadang debit air yang tinggi membuat air masuk kepemukiman warga dan membanjiri rumah warga.

Kepala Desa Ulak Kembahang I, Hairuddin, ketika ditemui usai penyerahan bantuan kepada korban kebakaran oleh Baznas OI, Jum'at (5/01/2018), mengatakan bahwa hampir semua pintu air yang berada didesanya sudah rusak, hal ini membuat pengaturan dan pasokan air dari pintu air tidak bisa dikendalikan, sehingga mengganggu kegiatan perkebunan dan pertanian."Kalau banjir masuk kepemukiman dan rumah warga biasanya mereka mengungsi ke balai desa, serta mengungsi ke rumah warga yang masih kerabat dan keluarga mereka," jelas Hairuddin.

Camat Pemulutan Barat, Anam Al Furkon,S.H, mengatakan bahwa hampir semua desa yang berjumlah 11 desa di Pemulutan Barat rawan banjir, masyarakat mengungsi ke balai desa yang mana semua desa sudah memiliki balai."Kalau musim hujan Kita menghadapi banjir, dan musim kemarau Kita dihadapkan untuk mengantisipasi kebakaran lahan," kata Anam Al Furkon. (Goni)
Tags: ,