MTQ Konsentrasi di Tujuh Lokasi

RAPAT TERBATAS: Kabag Kesra OI, Ketua LPTQ OI, dan Kepala Kementrian Agama OI saat rapat persiapan MTQ diruang rapat kabag kesra. (Foto: Goni)
Indralaya Radio - Kabupaten Ogan Ilir akan menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Provinsi Sumatera Selatan ke 27. Persiapan pelaksanaan terus dilakukan dalam waktu sekitar tiga bulan lagi yakni akan digelar pada 27 april -  4 mei 2018.

Persiapan yang kurang dari satu tahun dari penunjukan kabupaten Ogan Ilir sebagai tuan rumah MTQ Provinsi Sumsel ke 27, membuat pemkab Ogan Ilir melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda OI bersama Lembaga Pengembangan Tilawah Al Qur'an (LPTQ) serta Kantor Kementrian Agama Ogan Ilir terus berkoordinasi dan rapat guna memantapkan persiapan pelaksanaan MTQ di Ogan Ilir, serta menyiapkan Ogan Ilir sukses dalam pelaksanaan dan prestasi pada MTQ tersebut.Termasuk menggelar rapat terbatas antara bagian kesra OI, LPTQ Ogan Ilir serta Kemenag OI, yang digelar senin sore, (15/01) di ruang rapat bagian kesra setda OI.

Bupati Ogan Ilir, H. M. Ilyas Panji Alam mengintruksikan kepada LPTQ agar dapat menjadi juara umum pada pergelaran MTQ tersebut. Target juara umum ini disiapkan secara serius oleh LPTQ Kabupaten Ogan Ilir baik dalam seleksi dan training center.

Ketua LPTQ kabupaten Ogan Ilir, Drs. H. Ahmad Nachrowi kepada radioindralaya.com mengatakan bahwa sejak pertengahan 2017, LPTQ sudah menyiapkan peserta untuk menjadi peserta Kafilah dari kabupaten Ogan Ilir.

"Untuk pembinaan secara intensif nanti akan kita laksanakan dimulai februari mendatang, dan berkenaan dengan juara umum pastinya akan kita siapkan, yang pasti kita tarik para peserta yang biasa ikut kafilah kabupaten kota lain, dan sudah di-SK-kan, dengan harapan target itu bisa tercapai. Sehingga para peserta yang bergabung menjadi peserta kafilah Ogan Ilir akan mencapai puncaknya pada MTQ kali ini," jelas H. A. Nachrowi.

Kepala Kantor Kemetrian Agama Ogan Ilir, H. M. Kholil Azmi, S. Ag, mengatakan bahwa dari kemenag OI mendukung penuh agar terselenggaranya MTQ Provinsi Sumsel, dan pihaknya terus aktif berkoordinasi dengan pemkab OI melalui bagian kesra setda OI.

"Dari kemenang men-support yakni kami sendiri ditunjuk sebagai ketua pelaksana kegiatan, selain itu kemenag OI juga mendukung dari penyediaan SDM, tempat serta fasilitas lainnya guna MTQ nantinya berjalan dengan baik," katanya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Setda Ogan Ilir, Drs. Ansori Hijazi, usai rapat mengatakan untuk MTQ Provinsi Sumsel ke 27 akan dilombakan sebanyak tujuh cabang yang terbagi kedalam 24 kategori, yang mana juga akan bertempat di tujuh lokasi terpisah yakni cabang tilawah di arena utama yakni gedung serbaguna KPT Tanjung Senai, cabang tahfidz di masjid Agung An Nur, cabang kaligrafi di MTs Negeri Sakatiga, cabang syarhil qur'an di aula MAN Sakatiga, cabang fahmil qur'an di GOR Ponpes Raudhatul Ulum, dan cabang Tafsir di masjid Kubro Indralaya, serta cabang Musabaqoh Maqolah Qur'an (MMQ) di MAN Sakatiga.

"Selain itu kita juga menyiapkan lokasi alternatif lainnya seperti masjid Al Muhajirin, Indralaya serta masjid H. Bayumi Wahab. Kita juga menyiapkan penginapan dan kamis lalu perwakilan dari kafilah juga sudah ke Ogan Ilir dan telah menyewa penginapan Citra Indralaya, nanti juga akan kita siapkan panggung gembira untuk kafilah peserta MTQ menampilkan kesenian Islami khas daerahnya masing-masing. (Goni)
Tags: ,