IWAPPI - Ponpes Al Ittifaqiah, Kerjasama Membangun 4 Unit Mess Wali Santri

BANGUN MESS: Ketua Umum IWAPPI, DR. Hasan Heri melakukan peletakan batu pertama pembangunan mess wali santri didampingi Wamud 1 PPI, Ustad Muhyidin (pegang mic) disaksikan pengurus PPI, dan IWAPPI serta para santri. (Foto: Goni)
Indralaya Radio - Guna memfasilitasi wali santri beristirahat dan menginap di Pondok Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya (PPI) saat mengunjungi santri, Ikatan Wali Santri PPI (IWAPPI) membangun Mess wali santri.

Pembangunan mess sendiri diawali dengan doa bersama dilanjutkan dengan peletakan batu pertama di Komplek Kampus D PPI, Tanjung Lubuk, Indralaya Selatan, Jumat (09/02/2018).

Selain dihadiri oleh Wakil mudir 1 PPI, Ustad Muhyidin, didampingi oleh wamud 2, Ustad H. Joni Rusli, dan kepala Kampus D, Ustad Zuhaironi Yahya serta Ketua umum IWAPPI, DR. Hasan Heri serta Sekjen IWAPPI, Edi Wahyudi, Wakil sekretaris, Ikrima serta diikuti puluhan perwakilan santri dari Lemtatiqi PPI.

Ketua Umum IWAPPI, DR. Hasan Heri mengatakan bahwa mess yang dibangun dirancang dengan ukuran panjang 7 meter dan lebar 5 meter dengan dua lantai, yakni semi permanen, dibagian atas menggunakan rumah kayu knockdown ciri khas Ogan Ilir, dan dibagian bawah beton bata, diperuntukkan bagi wali santri yang akan beristirahat dan menginap saat berkunjung ke PPI.

"Dana yang digunakan yakni dari sumbangan wali santri, dengan besaran Rp. 500 ribu perwali dengan tidak mengikat dan pembayarannya bisa diangsur, santri yang di pondok ada saudaranya maka cukup bayar untuk satu orang, juga anak yatim tidak kita bebankan," kata DR. Hasan. 

Pada tahap awal, lanjut DR. Hasan, mess ini akan dibangun dua unit mess di Kampus A PPI untuk wali santri wati, dan dua unit di kampus D, untuk wali santriwan dengan rencana satu mess menggunakan dana sekitar 200 juta rupiah.

"Pembangunannya kita kerjakan satu-satu dulu, dengan kapasitas satu mess sekitar 50 hingga 60 orang, semoga dengan dukungan semua pihak dapat selesai dalam waktu satu hingga dua bulan kedepan, dan Alhamdulillah tadi ada wali santri juga menghubungi kita bahwa akan menyumbang satu truk batubata," kata DR. Hasan Heri.

Mudir PPI, KH. Mudrik Qori, M.A, melalui Wakil mudir 1, Ustad Muhyidin A.Sumedi, M. A mengatakan bahwa selama ini wali santri yang berkunjung dan menginap masih ada yang menjadikan asrama dan kelas sebagai tempat istirahat, sehingga dengan adanya mess ini sangat berguna sebagai tempat khusus bagi wali santri.

"Pembangunan ini menjadi penting sebagai tempat khusus wali santri, jadi dua lantai ini untuk lantai bawah bagi ibu-ibu, dan lantai atas bagi bapak-bapak, untuk penyelesaiannya bisa dipercepat mungkin sebulan sehingga bisa cepat dipakai, jadi para santri dikasih tahu kepada orang tuanya bahwa kita membangun mess dari hasil sumbangan wali kalian, juga diinformasikan pada kawannya yang lain, kepada pengurus IWAPPI yang hadir kami ucapkan terima kasih, dan titip salam bagi perngurus yang lain," tutup Ustad Muhyidin. (Goni)
Tags: ,