Pemkab OI - Universitas Syakhyakirti, Kerjasama Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat

AUDIENSI: Dekan Fakultas Hukum Universitas Syakhyakirti, Haris Pahri saat diwawancarai awak media usai audiensi. (Foto: Goni)
Indralaya Radio - Kerjasama mewujudkan desa binaan untuk sadar hukum, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan hukum yang menjadi fokus Pemkab Ogan Ilir saat menerima Dekan dan dosen dari Univesitas Syakhyakirti Palembang dalam audiensi yang disambut oleh Asisten 1Setda OI, Wilson Efendi, di ruang rapat Asisten, Selasa, (27/02).

Kerjasama ini nantinya juga akan terwujud dalam sebuah kesepakatan (MoU) antara Pemkab Ogan Ilir dan Universitas Syakhyakirti. Setelah MoU ini juga diharapkan tidak hanya fakultas hukum yang menjalin kerjasama dengan Pemkab OI, namun tidak menutup kemungkinan fakultas lain yang turut kerjasama dengan Pemkab OI.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Syakhyakirti Palembang, Haris Pahri mengatakan bahwa dalam memberikan bantuan dalam memberikan pengertian hukum ke masyarakat berkaitan dengan hal-hal yang ada dimasyarakat misalkan perkebunan, lebak lebung, dan lainnya yang nantinya akan disinergikan dahulu dengan Pemkab OI, jadi nantinya akan digelar MoU.

"Untuk jumlah nantinya kita akan koordinasi dengan Bagian hukum, selain dengan pemkab Ogan Ilir, kita juga nantinya tidak menutup kemungkinan untuk kerjasama dengan Polres OI dan BNN, sehingga masyarakat tau dan sadar akan hukum yang ada sehingga jangan sampai terjadi pelanggaran di masyarakat," kata Haris.

Asisten 1 Setda Ogan Ilir, Wilson Efendi mengatakan bahwa pada dasarnya pemkab OI menyambut baik khususnya nantinya akan melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum, dan ini dirasa perlu karena secara geografis Ogan Ilir berbatasan langsung dengan ibu kota provinsi Sumsel sehingga sedikit banyak ada perubahan pola sosial dimasyarakat.

"Ini tentu perlu kita antisipasi dan juga perlu kita sosialisasi masalah hukum yang berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dalam kehidupan masyarakat," kata Wilson. (Goni)
Tags: ,