5 Hari Lagi, Penyampaian Laporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi Masih Dibawah 50 Persen

AYO LAPORKAN: Kepala KP2KP Indralaya, Ade Firmansyah mengajak wajib pajak di Ogan Ilir untuk melaporkan SPT Tahunan orang pribadi sampai tanggal 31 maret 2018. (Foto: Goni)
Batas Akhir Menyampaikan Laporan SPT Tahunan Sampai 31 Maret 2018

Indralaya Radio - Tanggal 31 maret 2018 merupakan batas akhir dari pelaporan SPT Tahunan Wajib pajak orang pribadi. Meski tinggal 5 hari lagi, hingga saat ini wajib pajak yang melaporkan SPT Tahunan orang pribadi belum mencapai 50 persen.

Ini yang membuat kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Indralaya akan tetap buka hari sabtu tanggal 31 Maret meski hari libur. Ini dilakukan guna melayani wajib pajak yang akan menyampaikan laporan SPT Tahunannya di KP2KP Indralaya.

Kepala KP2KP Indralaya, Ade Firmansyah di ruang kerjanya, selasa (27/03) mengatakan bahwa wajib pajak di Ogan Ilir terdiri dalam dua golongan, yakni wajib pajak orang pribadi, dan wajib pajak Badan, usaha atau yayasan.

"Di Ogan Ilir, jumlah wajib pajak orang pribadi berjumlah 22645 orang, badan usaha, PT, CV dan yayasan berjumlah 1652 wajib pajak, dan wajib pajak pemungut setiap satuan kerja yang berbendahara dan desa berjumlah 1029. Sampai sekarang, wajib pajak orang pribadi yang sudah menyampaikan laporannya masih dibawah 50 persen, atau sekitar 10.000 wajib pajak," kata Ade Firmansyah.

Ada beberapa kendala, lanjut Ade, yang dihadapi diantaranya pengetahuan wajib pajak tentang kewajibannya untuk melapokan SPT tahunan setiap bulan maret. Namun pihaknya terus mensosialisasikan hal ini baik melalui media, dan memasang spanduk pengumuman di tempat-tempat strategis. Terlebih sekarang wajib pajak sudah dimudahkan dengan pelaporan secara online melalui E-Filling.

"Kita tahu bahwa geografis Ogan Ilir yang luas, dan jaringan internet di beberapa tempat yang masih kurang stabil dan faktor lainnya, namun upaya kita terus dimaksimalkan, batas akhir sabtu  tanggal 3 maret itu kan hari libur, kita akan tetap buka sampai jam 4 sore guna melayani wajib pajak yang akan melapor," lanjut Ade.

Jika melihat di tahun lalu, tambah Ade, wajib pajak orang pribadi yang melapor diatas 8.000 wajib pajak, dan pihaknya berharap agar tahun ini wajib pajak yang melapor hingga lebih dari 11.000 hingga 12.000 wajib pajak atau meningkat 50 persen dari tahun lalu.

"Tentu meningkatkan kesadaran wajib pajak ini cukup susah, namun kita terus menghimbau untuk segera melaporkan SPT tahunannya, karena kalau sampai tanggal 31 maret masih tidak melapor, maka wajib pajak dikenakan sanksi Rp. 100 ribu," tutup Ade Firmansyah. (Goni)
Tags: