Karang Taruna Ogan Ilir Gelar TryOut Jenjang SMP/MTs Sederajat

Karang Taruna OI Bekerjasama dengan Disdikbud OI Gelar TryOut Ujian Nasional Jenjang SMP/MTs

Karang Taruna Kabupaten Ogan Ilir sangat peduli terhadap pendidikan bagi anak-anak di Bumi Caram Seguguk, seiring dengan program Pemerintah Kabupaten yang sudah mempersiapkan pendidikan bagi anak-anak sejak dari  madrasah diniyyah. Oleh karena hal itulah dalam mempersiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2018, Karang Taruna Kabupaten Ogan Ilir menyelenggarakan Try Out (TO) untuk jenjang SMP/MTs Sederajat yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir.

Kegiatan tryout tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Ogan Ilir Islah Qori didampingi oleh Ketua Karang Taruna yang dalam hal ini diwakilkan oleh Bendahara Umum KT Ogan Ilir Jialika Maharani, Sekretaris KT Ogan Ilir Yahya Sarmada. Dalam sambutannya Kepala Disdikbud Islah Qori menyampaikan bahwa ini sebagai tolak ukur dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional pada tahun 2018, dirinya juga menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Kegiatan Try Out ini dilaksanakan di Gedung Caram Seguguk KPT-Tanjung Senai yang diikuti oleh kurang lebih 1500 peserta dari seluruh SMP & MTs se-Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (17/03). Salah satunya SMP 3 Rantau Panjang juga ikut memeriahkan dan meramaikan kegiatan TryOut tersebut, yang mana seluruh anak didiknya yang kelas IX diwajibkan untuk ikut serta dalam kegiatan TryOut tersebut. Kepala Sekolah SMP 3 Rantau Panjang Nirwan Yuliz Alsof mengatakan bahwa walaupun kondisi tempat yang jauh dari sekolah, akan tetapi antusias para siswa untuk mengikuti kegiatan Try Out se-Kabupaten Ogan Ilir ini sangatlah tinggi.

"Alhamdulillah, antusias mereka sangatlah tinggi dan itu terbukti bahwa seluruh siswa kelas IX SMP 3 Rantau Panjang ini ikut dalam kegiatan ini" Ujar Nirwan.

Suasana TryOut Ujian Nasional Jenjang SMP/MTs Se-Kabupaten Ogan Ilir
Ketua Karang Taruna Kabupaten Ogan Ilir melalui Bendahara Umum Karang Taruna Ogan Ilir Jialika Maharani menyampaikan bahwa kegiatan TO ini berjalan dengan baik walaupun jalan masuk ke KPT-Tanjung Senai terendam banjir akan tetapi para peserta datang dengan semangat dalam mengikuti kegiatan Try Out ini. Jialika pun mengatakan bahwa Try Out ini bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat di Bumi Caram Seguguk menjadi SDM yang berkualitas.

"Walaupun jalan masuk ke KPT-Tanjung Senai hari ini terendam banjir tapi anak-anak tetap datang dengan semangat itu merupakan suatu kebanggaan bagi kami sebagai penyelenggara. Tujuannya adalah mempersiapkan pemuda yang berkualitas dan mempunyai pendidikan tinggi sehingga menjadi pemuda yang kuat dalam intelektual" Ungkapnya.

Sementara itu saat ditemui Team Dang Kulu Kilo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir Islah Qori mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang ujicoba bagi peserta didik yang akan menghadapi UN 2018 untuk tingkat SMP/MTs sederajat. Pihaknya selalu mensupport kegiatan TryOut seperti ini agar para siswa tahu kemampuan dari hasil belajar selama ini dalam mempersiapkan Ujian Nasional nanti.

"Pelaksanaan TryOut ini adalah suatu kegiatan yang positif yang digagas oleh Karang Taruna Ogan Ilir, dan kami dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Ogan Ilir sangat mengapresiasi kegiatan TryOut ini" Tutupnya.




Tags: ,