Pekerja BUMDES Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

 
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, pasal 1 angka 7 bahwa badan usaha milik desa, selanjutnya disebut BUM Desa, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.
 
Oleh karena hal itulah Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Badan Usaha Milik (BUM) Desa. Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat Desa dan kelembagaan Desa memahami segala hal tentang BUM Desa, tujuan pendirian BUM Desa, manfaat pendirian BUM Desa dan lain sebagainya.
 
Kegiatan Sosialisasi BUM Desa ini dihadiri langsung oleh Asisten I Setda Kabupaten Ogan Ilir Wilson Effendy yang mewakili Bupati Ogan Ilir, Kepala Dinas PMD Ogan Ilir, Kepala BPJS Cabang Sumsel, Kepala BPKP Sumsel dan diikuti oleh Pengurus BUM Desa, Camat dan Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Ogan Ilir yang bertempat di Gedung Pendopoan Rumah Dinas Bupati Ogan Ilir, Kamis (08/03). 

Kepala BPJS Cabang Sumsel menjelaskan bahwa jika terjadi kecelakaan kerja pada BUM Desa maka seluruh biaya pengobatan dan penyembuhan itu ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan, ada 4 program dalam bpjs Ketenagakerjaan yaitu Program Jaminan Hari Tua, Program Jaminan Pensiun, Program Jaminan Kematian dan Program Jaminan Kecelakaan Kerja.
 
Asisten I Setda Kabupaten Ogan Ilir menyampaikan bahwa Bupati Ogan Ilir H.M.Ilyas Panji Alam sebagai Kepala Daerah sangat mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi seperti ini. Bumdes sudah ada sejak sebelum UU Desa, namun pasca UU Desa pendirian bumdes menjadi menjadi program prioritas kementerian desa pada tahun 2017.

"Harapan kita, hendaknya sosialisasi tentang Badan Usaha Milik Desa ini dapat memberikan penyegaran bagi pengelola bumdes dan masyarakat tentunya sebagai konsumen" Ungkapnya.
 
 
Tags: ,